PSIS Lolos Perempat Final Piala Presiden 2022

Pesepak bola PSIS Semarang Carlos Manuel Dos Santos Fortes berselebrasi usai berhasil mencetak gol ke gawang PSS Sleman pada pertandingan grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/6/2022). PSIS Semarang menang atas PSS Sleman dengan skor 5-2. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.

KBRN, Jakarta: PSIS Semarang sukses memastikan satu tempat di perempat final Piala Presiden 2022 usai menghajar PSS Sleman dengan skor telak 5-2 pada matchday empat Grup A Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Jumat (24/6/2022) malam WIB.

Kemenangan ini membuat PSIS mengumpulkan sepuluh poin dari empat pertandingan, sehingga memuncaki klasemen sementara. Koleksi poin itu tidak mungkin terkejar dari para pesaingnya di Grup A. Sedangkan PSS tetap berada di peringkat kedua dengan nilai empat.

Laga dengan tempo tinggi langsung terjadi sejak awal babak pertama. PSS Sleman mendapatkan peluang pertama di menit keempat. Dave Mustaine melepaskan tembakan first time dari luar kotak penalti yang sayangnya masih tipis di sebelah kanan gawang PSIS yang di laga ini dijaga oleh Yofandani Pranata.

Dua menit berselang, PSIS giliran mendapatkan peluang. Wawan Febriyanto melepaskan tembakan keras dari sudut sempit. Jandia Eka masih mampu menepisnya dengan baik.

Memasuki menit ketujuh, PSIS bisa mencetak gol. Menerima umpan dari Wawan Febriyanto di sisi kiri pertahanan PSS, Jonathan Cantillana berhasil mencetak gol melalui tandukan terukur.

Todd Rivaldo Ferre memiliki kesempatan untuk mencetak gol di menit ke-16. Beruntung bagi PSIS, Frendi Saputra melalukan blok krusial untuk menahan tembakan keras dari jarak dekat yang dilepaskan Todd Rivaldo.

PSIS berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-24. Lagi-lagi gol dicetak oleh gelandang andalan Mahesa Jenar, Jonathan Cantillana. Lepas dari jebakan offsiden, Cantillana menaklukkan Jandia Eka Putra dengan sontekan yang cerdik.

PSS Sleman sukses membalas di menit ke-41. Manda Cingi memberikan umpan ke dalam kotak penalti. Di sana ada Riki Dwi Saputro. Eks penyerang PSPS Riau itu mengecoh satu pemain belakang PSIS sebelum menempatkan bola di sisi kiri bawah gawang PSIS.

PSIS Semarang mendapatkan hadiah tendangan penalti pada menit ke-45. Taisei Marukawa dijatuhkan Jandia Eka Putra di area terlarang.

Carlos Fortes maju sebagai eksekutor. Penyerang asal Portugal itu menempatkan bola di sisi kanan gawang PSS Sleman. Jandia sebenarnya sudah bergerak ke arah yang benar, tapi bola gagal ia jangkau. Babak pertama pun berakhir dengan skor 3-1.

PSIS yang unggul dengan selisih dua gol tetap memperlihatkan permainan agresif di babak kedua. Fortes mencetak brace pada menit ke-63 memanfaatkan kesalahan Jandia dalam menangkap bola, sehingga PSIS memimpin dengan skor 4-1.

Sebaliknya, PSS tidak menyerah untuk memperkecil ketertinggalan. Mereka nyaris mengubah kedudukan di menit ke-71, tapi tendangan Komarudin masih menghajar tiang kiri gawang.

Upaya PSS baru membuahkan hasil di menit ke-88. Gelandang anyar Jose Valente melepaskan sepak pojok yang disambut sundulan Rifky Suryawan tanpa bisa dicegah kiper Yofandani Damai Pranata masuk ke dalam gawangnya.

PSIS pun memastikan kemenangan menjadi 5-2 menjelang laga berakhir. Umpan Taisei dari sisi kanan serangan disambar kepada Hari Nur Yulianto, sekaligus membantu Mahesa Jenar merebut tiket ke perempat-final.

Susunan Pemain kedua Tim:

PSIS Semarang (4-2-3-1): Yofandani Pranata (Kiper), Fredyan Wahyu, Alie Sesay, Alfeandra Dewangga, Frendi Saputra (Belakang), Guntur Triaji, Delfin Rumbino, Wawan Febriyanto, Jonathan Cantillana, Taisei Marukawa (Tengah), Carlos Fortes (Depan).

Pelatih: Sergio Alexandre.

PSS Sleman (4-2-3-1): Jandia Eka Putra (Kiper), Marckho Sandi, Dedy Gusmawan, Mario Maslac, Derry Rachman (Belakang), Manda Cingi, Dave Mustaine, Todd Rivaldo Ferre, Muhammad Hambali Thalib, Irkham Mila (Tengah), Riki Dwi Saputro (Depan).

Pelatih: Seto Nurdiyantoro.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar