AS Monaco Resmi Umumkan Transfer Minamino dari Liverpool

Pemain baru AS Monaco yang didatangkan dari Liverpool, Takumi Minamino. (Foto: liverpoolfc.com)

KBRN, Jakarta: Klub Liga Prancis, AS Monaco secara resmi mengumumkan pemain baru mereka, yakni Takumi Minamino yang didatangkan dari Liverpool pada bursa transfer musim panas ini.

Les Rouge et Blanc mengumumkan kedatangan Minamino pada Selasa (28/6/2022) waktu setempat. Pada  laman resmi klub, mereka menyatakan bahwa pemain asal Jepang itu diikat dengan kontrak empat tahun hingga 2026.

“AS Monaco dengan bangga mengumumkan kedatangan Takumi Minamino. Gelandang serang internasional Jepang berusia 27 tahun itu telah menandatangani kontrak empat tahun, hingga Juni 2026,” tulis Monaco dikutip dari laman resmi mereka, Selasa (28/6/2022).

Dalam kesempatan yang sama, mantan penggawa Red Bull Salzburg itu pun mengaku senang bisa bergabung dengan Monaco. Dia tak sabar untuk bisa membantu tim anyarnya itu untuk meraih gelar musim depan.

“Merupakan kebahagiaan besar bagi saya untuk bergabung dengan AS Monaco. Saya sangat senang menjadi bagian dari proyek yang sangat menarik ini, di klub dengan tradisi hebat dan salah satu yang paling dikenal di Liga Prancis,” kata Minamino dikutip dari laman resmi klub.

“Saya tak sabar untuk menemukan lingkungan baru saya dan melakukan semua yang saya bisa untuk membantu tim,” imbuhnya.

Di sisi lain, Liverpool juga mengumumkan transfer Takumi Minamino ke AS Monaco pada Selasa (28/06/2022) malam WIB. The Reds mendoakan agar Minamino sukses bersama klub barunya tersebut.

"Liverpool FC dapat mengonfirmasi bahwa Takumi Minamino hari ini telah menyelesaikan transfer permanen ke AS Monaco," bunyi pernyataan Liverpool dikutip dari laman resmi mereka.

"Semua orang di LFC ingin mengucapkan terima kasih kepada Taki atas kontribusinya dan berharap ia sukses di babak berikutnya dalam karirnya."

Meski tak disebutkan dalam rilis tersebut, menurut pakat ransfer eropa, Fabrizio Romano mengatakan bahwa Monaco mendatangkan Minamino dengan mahar 15 juta euro (Rp234,6 miliar). Jumlah tersebut ditambah dengan biaya tambahan sejumlah 3 juta euro (Rp46 miliar).

Minamino diboyong The Reds dari Salzburg pada musim dingin 2020, tapi gagal bersaing di skuad utama.

Selama berkostum merah, Minamino hanya membuat 55 penampilan dengan sumbangan 14 gol. Dia cuma sekali menjadi starter dalam 11 penampilan di Premier League 2021/2022.

Di satu sisi, Takumi Minamino menjadi aktor keberhasilan Liverpool meraih dua gelar domestik musim lalu. Tujuh gol krusial yang dia buat membantu Merseyside Merah memenangi Piala FA dan Piala Liga.

Namun, pada akhirnya Jurgen Klopp memutuskan untuk melepas Minamino. Sebab, Liverpool telah memiliki stok penyerang yang cukup banyak. Sebut saja Mohamed Salah, Roberto Firmino, Diogo Jota, Luis Diaz, hingga yang teranyar Darwin Nunez.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar