Jokowi Dukung Usulan Tuan Rumah Piala Asia 2023

Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan kepada media terkait persetujuan pengajuan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 Selasa (28/6/2022). (Foto: RRI/ Niar Abdul Litiloly)

Jakarta, KBRN: Timnas Indonesia lolos putaran final Piala Asia U23 dan kini mengajukan diri sebagai tuan rumah turnamen Piala Asia 2023. Presiden Jokowi telah memberi lampu hijau kepada PSSI untuk menjadi tuan rumah turnamen empat tahunan itu.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan dukungan Presiden Jokowi dalam keterangannya di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/22).

“Ada permintaan dari PSSI untuk kita mau mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia (2023),” ujar Menpora mengawali penjelasannya.

Permintaan PSSI ini pun kemudian disampaikan Menpora kepada Presiden Joko Widodo yang ternyata memberi lampu hijau kepada PSSI.

“Apa yg disampaikan PSSI kepada saya kemudian saya laporkan ke Pak Presiden apakah diizinkan tidak kita mengajukan diri menjadi tuan rumah,”ucap Amali

“Bapak presiden menyampaikan kepada saya silahkan mengajukan diri tapi resminya itu kan harus federasi. Sampaikan ke PSSI dan sudah saya koordinasikan,” kata Amali lagi.

Amali menyebut kesempatan baik ini kemudian segera direalisasikan oleh PSSI dengan segera menghubungi pihak konfederasi Asia AFC.

“Hari ini (28/6/2022) mereka (PSSI) akan ke AFC yang diwakili Wakil Ketua Umum PSSI (Iwan Budianto) dan Sekjen PSSI (Yunus Nusi) untuk mengajukan surat pengajuan menjadi tuan rumah Piala Asia (2023),” jelas Menpora.

Menurut Amali kesempatan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 adalah kesempatan yang baik dan sayang dilewatkan. Dimana Indonesia menjalankan peran ganda sebai peserta dan tuan rumah turnamen.

“Karena ini kan kesempatan yang bagus buat kita menjadi peserta sekaligus menjadi tuan rumah. Jadi kita bukan karena tuan rumahnya tetapi kita menjadi peserta, syukur-syukur bisa menjadi tuan rumah. Tapi bagi kita, mau main di mana saja tidak masalah,” lanjut Amali.

Diketahui sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut masih ragu untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah. Kekhawatirannya karena waktu pelaksanaan yang mungkin terbilang cukup berdekatan antara Piala Dunia U-20 dengan Piala Asia 2023.

“Kita sih fokus ke Piala Dunia ya. Kami sedang diskusikan apakah kita siap, karena tahun depan kita fokus ke Piala Dunia U-20. Tapi kita tunggulah, apa saja persyaratan yang diminta oleh AFC kepada kita,” kata Iriawan pada Kamis (23/6/2022) usai memantau sesi latihan Timnas U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Sejauh ini telah ada empat negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Diantaranya, Jepang, Korea Selatan, Qatar dan Australia.

Piala Asia AFC 2023 adalah edisi kedelapan belas turnamen sepak bola Piala Asia AFC. Turnamen ini akan diselenggarakan mulai dari tanggal 16 Juni hingga 16 Juli 2023.

Turnamen ini akan melibatkan 24 tim nasional, termasuk negara tuan rumah. Qatar adalah juara bertahan.

Turnamen Piala Asia U23 tahun 2023 awalnya dijadwalkan akan digelar di Tiongkok. Namun, pada 14 Mei 2022, AFC mengumumkan bahwa Tiongkok tidak dapat menjadi tuan rumah turnamen tersebut karena pandemi COVID-19 dan kebijakan Zero-COVID di Tiongkok.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar