Piala AFF U-19: Indonesia Imbangi Vietnam 0-0

Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Hokky Caraka (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Vietnam U-19 Trinh Hoang Canh (kedua kanan) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). Skor pertandingan berakhir seri 0-0. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

KBRN, Jakarta: Timnas Indonesia U-19 harus puas berbagi poin dengan Vietnam U-19 setelah bermain imbang tanpa gol pada laga pertama mereka di fase grup Piala AFF U-19 2022 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022) malam WIB.

Raihan satu poin dari hasil imbang ini membuat timnas Indonesia menduduki peringkat keempat di klasemen grup A. Adapun Vietnam menghuni posisi ketiga dengan poin yang sama.

Sejak awal pertandingan, kedua tim memperagakan tempo permainan lumayan cepat. Baik Timnas Indonesia maupun Vietnam sama-sama ingin mencetak gol lebih dahulu.

Pada menit ke-26 Timnas Indonesia memiliki peluang bagus untuk mencetak gol. Akan tetapi tembakan Subhan Fajri dari dalam kotak penalti gagal bersarang di gawang Vietnam setelah membentur Ronaldo Kwateh.

Satu menit berselang, Arkhan Fikri mengirim umpan silang dari sisi kanan. Bola masih bisa ditepis kiper Cao Van Binh sehingga Hokky Caraka yang menunggu di kotak penalti gagal memanfaatkan peluang itu.

Memasuki menit ke-40, Timnas Indonesia hampir mencetak gol ke gawang Vietnam. Akan tetapi, tembakan yang dilakukan Nico masih mengarah tepat ke kiper lawan.

Tak lama setelah itu, Vietnam gantian mengancam Timnas Indonesia. Untungnya, tembakan keras Le Van Quang Duye hanya mengenai mistar gawang Cahya Supriadi.

Ronaldo Kwateh mendapat peluang emas untuk menjebol gawang Vietnam di menit ke-43. Sayangnya, sundulan pemain Madura United itu masih menyamping dari gawang Vietnam.

Pada akhirnya, tidak ada tim yang mampu mencetak gol di sepanjang pertandingan. Skor 0-0 tetap bertahan hingga babak pertama bubar.

Pada awal babak kedua, Indonesia harus kehilangan sang kapten Muhammad Ferrari. Ia harus ditarik keluar akibat cedera.

Beberapa menit setelah Ferrari keluar, Vietnam mendapat peluang yang begitu berbahaya. Nguen Quoc Viet terbebas di depan gawang usai mendapat umpan tarik.

Cahya Supriadi tampil gemilang untuk menggagalkan ancaman The Golden Stars. Ia cepat keluar untuk menutup sepakan Quoc Viet.

Indonesia berusaha merespon. Pasukan Shin Tae-yong hampir memecah kebuntuan pada menit ke-66. Mendapat sodoran bola dari Hokky, Marselino melepas tembakan terukur di tepi kotak penalti. Namun, gol belum juga terjadi karena bola masih menerpa mistar.

Pada menit ke-73, Marselino kembali beraksi. Ia menusuk untuk mendapat ruang tembak di depan kotak penalti. Kali ini tembakannya lemah hingga bisa Cao Van Binh diamankan.

Pergerakan Marselino benar-benar membuat lini pertahanan Vietnam kocar-kocar. Namun, hal ini tak dibarengi penyelesaian yang prima.

Pada menit ke-89, giliran Ronaldo yang pamer aksi individu. Ia bisa mengecoh satu bek Vietnam, tapi saat akan melepas umpan Cao Van Binh cepat menyergap bola. Skor 0-0 tak berubah hingga laga berakhir.

Susunan Pemain:

Indonesia (3-5-2): Cahya Supriadi (PG), Ahmad Rusadi, Muhammad Ferrari (C), Kakang Rudianto; Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, 1Dimas Juliono Pamungkas, Subhan Fajri, Alfriyanto Nico Saputro; Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh. 

Pelatih: Shin Tae-yong 

Vietnam (4-3-3): Cao Van Binh (PG); Trinh Hoang Canh, Dang Tuan Phong, Nguyen Bao Long, Nguyen Duc Viet; Nguyen Anh Tu, Nguyen Dinh Bac, Khuat Van Khang (C); Nguyen Quoc Viet, Nguyen Can Truong, Nguyen Hong 

Phuc. Pelatih: Dinh The Nam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar