Perangko Seri APG, Prajurit Keraton Surakarta Sudah Diterbitkan

Perangko edisi prajurit keraton Surakarta. (Foto: RRI/Soufi Asegaf)

KBRN, Surakarta: Kabar baik bagi para filatelis yang ingin menambah koleksi perangko miliknya. Ini menyusul terbitnya dua seri perangko yang dicetak PT Perum Peruri, yakni seri khusus ASEAN Para Games (APG) XI 2022 dan seri Prajurit Keraton Surakarta.

Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Pos Ditjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Gunawan Hutagalung mengatakan, untuk seri ASEAN Para Games 2022 perdana telah dicetak sebanyak 30.000 keping, sedangkan untuk edisi Prajurit Keraton Solo dicetak sebanyak 450.000 keping dengan nilai yang tertera Rp5.000.

“Nantinya dua seri perangko ini akan diluncurkan secara bersamaan pada Jumat 5 Agustus 2022 dengan dimeriahkan prosesi kirab budaya prajurit keraton Solo yang akan melintasi  rute dari Kori Kamandungan Keraton menuju Balai Kota Solo,” ujarnya dalam jumpa pers yang digelar di Balai Kota Surakarta, Kamis (4/8/2022).

Ia menambahkan, sebagai penanda peluncuran perangko akan dilakukan penandatanganan sampul hari pertama perangko seri peringatan 11th ASEAN Para Games 2022 dan seri prajurit Keraton Surakarta oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Adapun pembuatan seri peringatan 11th ASEAN Para Games 2022 sendiri didasarkan pada Indonesia, dalam hal ini Kota Surakarta yang menjadi tuan rumah pesta olahraga paralympic se-Asia Tenggara. 

“Perangko edisi ASEAN Para Games (APG) 2022 akan dicetak dalam enam seri desain gambar olahraga mulai dari Angkat Besi, Panahan, Tenis Duduk, serta Atletik,” ujarnya.

Sedangkan untuk edisi Prajurit Keraton Surakarta, ada delapan seri desain gambar. Delapan Prajurit Bergodo diantaranya Prajurit Tamtomo dan Prajurit Prawiro Anom. Tujuan pembuatan seri perangko ini adalah untuk mengenalkan perangko kepada generasi muda sekaligus kekayaan budaya yang dimiliki Kota Surakarta, dalam hal ini Keraton Kasunanan Surakarta Hadininigrat.

“Setelah penandatanganan tersebut, dua prangko seri khusus ini bisa digunakan untuk berkirim surat," tutup Gunawan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar