Komandan Lanal Semarang Pimpin Perbaikan Tanggul Jebol di Tanjung Emas

Komandan Lanal Semarang Pimpin Perbaikan Tanggul Jebol di Tanjung Emas .jpeg
Komandan Lanal Semarang Pimpin Perbaikan Tanggul Jebol di Tanjung Emas .jpeg
Komandan Lanal Semarang Pimpin Perbaikan Tanggul Jebol di Tanjung Emas .jpeg

KBRN, Semarang : Sehari setelah dilaksanakan pengukuhan,   Komandan Lanal Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi, langsung memimpin prajuritnya untuk membantu  memperbaiki tanggul yang jebol akibat banjir rob yang melanda di kawasan industri Lamicitra Tanjung Emas Semarang, Kamis (26 /5/2022).

Selain Personel Angkatan Laut, Petugas gabungan memperbaiki tanggul laut di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, yang jebol sejak Senin (23/5).

Komandan Lanal Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi mengatakan, Sebanyak tiga SST prajurit Lanal Semarang dikerahkan bersama sama sinergi dengan aparat keamanan lainnya bahu membahu mengangkut karung berisi pasir untuk di menutup tanggul yang jebol sebelum nantinya diperbaiki secara permanen.

Lebih lanjut, keberadaan Prajuritnya dilapangan untuk membantu melaksanakan perbaikan tanggul yang jebol akibat banjir rob. Petugas gabungan berupaya memasang karung-karung pasir yang digunakan menambal sementara tanggul yang jebol di kawasan Lamicitra yang berada di kawasan pelabuhan Semarang itu.

“Hari ini kita lakukan perbaikan semi permanen di dua titik dengan menambal tanggul yang jebol menggunakan anyaman bambu selanjutnya akan ditutup dengan terpal dan tumpukan karung pasir,  nanti perbaikan secara permanen sambil berjalan,” kata Komandan Lanal Semarang.

Menurutnya,  personel selalu disiapkan dalam semua medan, tidak hanya perbaikan tanggul,pada bencana ini personel Lanal Semarang juga membantu evakuasi warga banjir.

 "Ada sekitar kurang lebih 75 prajurit lebih sudah kita kerahkan, nanti juga ada tambahan personel dan peralatan dari Lantamal V Surabaya,  Yonmarhanlan V Surabaya, Lanal Tegal, Lanal Yogya  bersama sama sinergi dengan temen - temen dari Kodim Semarang dan juga Polrestabes Semarang serta BPBD, guna memperbaiki tanggul yang jebol, ini dilakukan paling tidak untuk mengurangi luapan air laut yang terus masuk ke kawasan pelabuhan Semarang,”Imbuhnya .

Sementara itu ,jebolnya tanggul yang terjadi beberapa hari lalu  berdampak pada terganggunya aktifitas yang terjadi sekitar pelabuhan Tg. Emas Semarang, oleh karenanya perlu segera ada perbaikan tanggul agar aktifitas dipelabuhan Tanjung Emas Semarang dapat berjalan normal kembali.

Hal tersebut selaras dengan Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar totalitas dan terus bersinergi dengan instansi lain guna membantu Pemerintah Daerah melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara dengan memaksimalkan sarana dan prasarana yang dimiliki.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar