Stok Darah PMI Kudus Masih Minim

KBRN, Kudus : Stok darah yang dimiliki PMI Cabang Kudus, saat ini belum aman karena hanya tersedia 113 kantong, sedangkan permintaan setiap harinya untuk satu rumah sakit bisa mencapai 60-an kantong.

"Permintaan darah tidak hanya dari satu rumah sakit, melainkan banyak. Karena saat ini banyak rumah sakit yang memiliki bank darah, bahkan sejumlah rumah sakit dari luar daerah juga mengajukan permintaan darah ke PMI Kudus," kata Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI Cabang Kudus Praptiningsih, Jumat (27/5/2022). 

Untuk itulah, kata dia, PMI aktif mencari pendonor ke sejumlah tempat keramaian. Di antaranya di Alun-alun Kudus pada hari Sabtu dan Minggu, kemudian di depan kantor Pos Kudus.

Sementara jadwal donor dari para pekerja pabrik, imbuh dia, belum normal seperti sebelumnya.

Untuk pekan sebelumnya, PMI Kudus tercatat sudah mendapatkan donor dari pekerja dari sebuah perusahaan di Kudus serta alumni SMP 2 Kudus dan pemuda Ansor.

Ia memperkirakan jadwal donor dari perusahaan di Kudus mulai normal kembali pada bulan Juni 2022, sepanjang kasus corona tidak lagi meningkat.

"Mudah-mudahan, stok darah pada bulan Juni 2022 nantinya bisa meningkat sehingga tersedia aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Sementara dari stok darah sebanyak 113 kantong, meliputi golongan darah A sebanyak 49 kantong, B sebanyak 36 kantong, AB sebanyak 12 kantong, dan O sebanyak 42 kantong. Sedangkan darah trombosit sebanyak 16 kantong, meliputi golongan A sebanyak enam kantong, B sebanyak dua kanting dan O sebanyak delapan kantong.

PMI Kudus tercatat memiliki peralatan yang cukup lengkap untuk mengolah darah dari relawan menjadi darah siap untuk transfusi warga yang membutuhkan. Selain permintaan darah segar, PMI Kudus juga melayani permintaan darah trombosit. (RK)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar