Potensi Hujan di Jateng Selama Tiga Hari

Ilustrasi Hujan

KBRN, Semarang : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperakirakan hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di Jawa Tengah.

Prakiraan cuaca ini berlaku tiga hari, mulai Sabtu - Senin (13-15/8/2022).

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno menerangkan, berdasarkan analisis dinamika atmosfer terdapat anomali suhu muka laut di Samudera Hindia Selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

"Kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat juga berkontribusi pembentukan awan hujan disebagian wilayah Indonesia," jelas Sutikno dalam siaran pers yang diterima RRI, Sabtu (13/8/2022).

Berdasarkan kondisi tersebut sehingga berpotensi terjadinya cuaca ekstrem di beberapa wilayah Jateng.

Dia mengungkapkan potensi hujan pada Sabtu (13/8) terjadi di Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Temanggung, Boyolali, Kabupaten Semarang, Salatiga, Klaten, Sragen, Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, Grobogan dan sekitarnya. Kemudian wilayah potensi cuaca ekstrem periode Minggu (14/8) masih sama dengan periode sebelumnya. 

Pada Senin (15/8), hujan potensi terjadi di Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Temanggung dan sekitarnya.

"BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada terhadao potensi cuaca ekstrim pada periode tiga hari yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar