Tingkatkan Pengguna QRIS, BI Gelar Angkringan Digital 2022

KBRN, Semarang : Dalam rangka meningkatkan jumlah pengguna Quick Response Code Indonesian standard (QRIS), Bank Indonesia Perwakilan Jateng  menggelar Angkringan Digital 2022 di area Sam Poo Kong, Semarang, Minggu (3/7/2022).  

Kegiatan yang juga dimeriahkan dengan fun run, peluncuran 15 pasar siap QRIS dan penyerahan PSBI Pasar Kliwon tersebut juga dihadiri Anggota Komisi XI DPR Musthofa; Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno; Direktur Pengawasan LJK OJK Kantor Regional 3 Heru Prasetio; Ekonom Ahli Senior Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Ryan Rizaldy; sejumlah kepala BI, peserta fun run dan Angkringan Digital 2022.

Kepala Perwakilan BI Jawa Tengah Rahmat Dwi Saputra menyampaikan, dengan digitalisasi, maka kegiatan ekonomi menjadi lebih cepat, dan efisien. 

“Digitalisasi pembayaran menjadi penting, karena adanya trend perkembangan digital marketing dan digital banking. Sementara digitalisasi bagi keuangan pemerintah juga penting untuk menciptakan good governance dan membantu percepatan penyerapan anggaran pembangunan,” ungkapnya. 

Dijelaskan pula bahwa di Jawa Tengah Pertumbuhan transaksi QRIS pada Maret 2022 mencapai angka 306,1% (yoy) dengan nilai Rp232 miliar. 

Sementara itu, Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pembayaran dengan QRIS sangat membantu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik karena bisa menekan kebocoran pendapatan.

“Dulu untuk pembayaran retribusi parkir dengan menggunakan karcis, pihak pemeriksa karcis bisa tidak menyobek karcis yang telah diserahkan masyarakat. Karcis itu berpeluang diserahkan lagi ke loket depan, untuk dijual lagi," ujarnya.

"Dengan cara itu, ada peluang kebocoran pendapatan pemerintah. Dengan model QRIS  ini, itu tidak akan terjadi lagi. Itu adalah bentuk dari sisi akuntabilitas,” imbuhnya. (don).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar