Enam Perajin Tampil di UMKM Trunk Batik Show

KBRN, Kendal : Enam perajin batik di Kabupaten Kendal terpilih untuk tampil di UMKM Trunk Batik Show yang digelar di Tirtoarum Baru Kenapa pada Sabtu (23/10/2021) malam.

Keenamnya itu adalah Asmiati Batik Asmiah, Sumiati Batik Ratih, Sukirman Batik Kirana, Jumrotun Batik Wardani, Sri Hidayah Batik SH Kalibodri, dan Sutejowati Batik Tejokusumo.

Mereka terpilih dari 24 perajin batik di Kabupaten Kendal yang diseleksi oleh Tim Kurasi berdasarkan hasil karya batiknya. Kegiatan ini diprakarsai oleh Indonesia Council for Small Business (ICSB) Kendal bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kendal  untuk memperingati Hari Batik Nasional.

Pengurus ICSB Kendal Bidang Pengembangan SDM, Rahayu Sulistyowati mengatakan, kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kendal ini untuk mengangkat SDM batik di Kendal. Para perajin batik tersebut perlu juga ditampilkan, karena karya batiknya sudah berkualitas.

“Selama ini yang ditampilkan cuma hasil kerajinan batiknya, maka kami juga ingin mengangkat para perajinnya supaya bisa tampil juga,” jelasnya, Sabtu (23/10/2021).

Rahayu Sulistyowati yang juga anggota Tim Kurasi, mengatakan, penilaian penilaiannya dilakukan secara menyeluruh, yakni mulai dari bahan matrialnya, proses pembuatan, teknis dan kuality kontrol. Dengan demikian akan terjaga original dan kualitasnya. Menurutnya, batik Kendal sudah memiliki kualitas yang bagus. “Kualitas batik Kendal sudah bagus, inovasinya juga sudah bagus, hanya untuk pengembangan motif batik harus lebih bervariasi lagi,” katanya.

Sri Hidayah, perajin Batik SH Kalibodri mengatakan, kegiatan seperti ini bagus sekali, karena untuk mengangkat batik Kendal supaya lebih dikenal luas sampai luar daerah. Menurutnya, Batik Kendal sudah bagus dan kualitasnya terjamin, sehingga sudah banyak digemari khalayak. “Kegiatan ini bagus sekali, kami harap, paling tidak bisa digelar setahun sekali, supaya Batik Kendal semakin dikenal,” harapnya.   

Karya batik yang ditampilkan khusus batik tulis yang benar-benar original dan berkualitas.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00