FOKUS: #PPKM

Harga Cabai dan Bawang Melonjak, Masyarakat Diminta Belanja Sesuai Kebutuhan

Harga Cabai Naik (4)7/22)

KBRN, Pekalongan : Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan mengimbau masyarakat agar berbelanja sesuai kebutuhan. Sebab, jelang hari raya Idul Adha tahun 2022, harga beberapa komoditas cukup tinggi, antara lain cabai dan bawang.

Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan melalui Kepala Bidang Perdagangan, Junaenah usai melaksanakan pengawasan ke beberapa lokasi pasar rakyat menuturkan harga sembako saat ini di Kota Pekalongan, ada beberapa komoditas yang range harganya cukup tinggi namun beberapa komoditi lain, harganya cenderung stabil. Adapun jenis komoditi yang harganya cukup stabil yakni beras medium berada di harga Rp 10.000, beras premium Rp 11.000  dan gula pasir di harga Rp 13.500. Pada pasar rakyat harga minyak goreng curah ada yang berada di bawah HET dari pemerintah yakni Rp 13.500.

Junaenah menerangkan, untuk komoditas lain yang masih cukup tinggi yaitu bawang merah di harga Rp 65.000, cabai merah besar Rp 65.000, cabai merah keriting Rp 80.000 dan cabai rawit merah Rp 90.000. Terkait stok, Junaenah memastikan persediaan di pedagang aman, “Ini memang beberapa waktu terakhir ini harga bawang dan cabai memang masih cukup tinggi, stok di pedagang cukup, namun karena permintaan lebih banyak sehingga harganya cenderung naik,” terangnya saat ditemui langsung di ruang kerjanya, Senin (4/7/2022).

Melihat kenaikan harga pada sejumlah komoditas tersebut, selain melakukan pengawasan, ia  menghimbau agar masyarakat dapat berbelanja sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, “Mudah-mudahan kedepannya bisa lebih turun lagi sehingga bisa terjangkau oleh masyarakat, kami menghimbau masyarakat agar berbelanja sesuai kebutuhan saja karena kondisi harga pasar yang masih tinggi, sehingga kebutuhan cabai ini bisa disesuaikan tidak seperti saat harga cabai normal,” pungkasnya. (Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar