Raperda Pesantren, Membawa Peningkatan Kualitas Santri

KBRN, Batang : Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Pesantren yang akan segera digodok oleh DPRD Kabupaten Batang, membawa angin segar bagi pondok pesantren. Raperda itu dinilai sebagai payung hukum untuk peningkatan kualitas pesantren dan para santri di masa mendatang. 

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Rodlotul Muta’alimin Dracik, KH M Saefuddin Zuhri mengharapkan, nantinya setelah dibuatnya Raperda Pesantren, seluruh pesantren di Kabupaten Batang memperoleh bantuan.

“Ponpes kami kedepan berupaya meningkatkan kualitas, dimulai dari telah dibangunnya Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Roudloh. Sedangkan tujuan di masa depan akan dibangun SMPIT, SMAIT dan utamanya pembangunan perguruan tinggi dengan luas lahan lima hektar,” ungkapnya, saat ditemui di halaman Ponpes Roudlotul Muta’alimin Dracik, Kabupaten Batang, Sabtu (23/10/2021).

Ia mengapresiasi, Raperda Pesantren yang akan segera diproses ini, merupakan wujud kepekaan dan kepedulian dari para pemimpin di Kabupaten Batang. Terkait besaran anggaran yang dibutuhkan tiap pesantren tentu bervariasi, menyesuaikan kebutuhan masing-masing Ponpes.

“Jadi saya yakin Pemkab bersama DPRD , bisa menentukan besaran anggarannya sesuai kriteria Ponpes. Dan di Ponpes tertentu sudah punya manajemen keuangan yang berbeda-beda,” bebernya.

Ia berkeyakinan, selama kepala daerah bersama jajaran anggota dewan berkomitmen tinggi terhadap kemajuan santri dan bangsa, nantinya akan ada dana khusus untuk peningkatan pondok pesantren.

“Semoga seluruh Ponpes bisa mendapat bantuan setiap tahunnya,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00