Kemenag Demak Terapkan Prokes Ketat Saat Umrah

KBRN, Demak : Pemberangkatan peserta umrah telah dibuka kembali. Pemerintah, Indonesia telah memberangkatkan jamaah sejak tanggal 8 Januari 2022 lalu. 

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Demak Sujati mengimbau kepada seluruh jamaah yang berangkat untuk menjalankan prokes secara ketat. Sebab, keberangkatan tersebut menjadi penghapus luka bagi jamaah haji yang keberangkatannya tertunda selama dua tahun.  

"Semoga  ada regulasi yang memberikan kabar baik, sehingga umroh bisa tertata baik dan membuat kemungkinan jamaah haji bisa segera di berangkatkan tahun ini," katanya saat di temui di ruangannya, Selasa (18/1/2022).

Kepedihan juga dirasakan petugas haji Kemenag, bukan hanya sekedar kritik pedas dari para calon jamaah haji. Tetapi, lanjut dia,  dari hati nurani mereka ikut menyesalkan pembatalan keberangkatan calon haji. 

"Kami dan para pegawai itu kalau tidak ada pemberangkatan haji rasanya sedih, biasanya berpuluh-puluh tahun memberangkatkan haji kok dua tahun ini nggak berangkat hanya menerima pendaftaran haji saja," imbuhnya. 

Sementara itu, Fathurohman Direktur biro umroh Fela Tour Travel mengaku pihaknya baru siap memberangkatkan jamaah umroh pada awal Februari 2022. Total, ada 30 jamaah yang diberangkatkan dari kabupaten Demak.

"Kita baru menyesuaikan paket, kami dari daerah belum mau ambil resiko. Kasihan para jamaah," ungkapnya. 

Terkait biaya yang melonjak, tidak ada keluhan khusus dari para jamaah. 

Pihaknya akan memberangkatkan jamaah yang sudah siap keseluruhan. Dari segi biaya dan persyaratan yang sudah lengkap. 

"Tidak ada keluhan, hanya saja para jamaah yang belum memenuhi persyaratan memang memilih untuk menunggu harga normal kembali," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar