Forum Konsultasi RKPD Jaring Masukan Pemangku Kepentingan

KBRN, Jepara : Dalam rangka menjaring masukan dan saran dari unsur pemangku kepentingan untuk penyempurnaan terhadap Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Jepara menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrebang) RKPD Kabupaten Jepara dengan tema Penguatan Sumber Daya Manusia, Ekonomi dan Infrastruktur Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Gedung Shima, baru-baru ini.

Forum ini dihadiri Bupati Jepara Dian Kristiandi, Sekda Jepara Edy Sujatmiko, Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif, Kabid Inovasi dan Teknologi Bappeda Provinsi Jawa Tengah Agung Koenmarjono, dan 64 peserta terdiri dari Perangkat Daerah Kabupaten Jepara, Perguruan Tinggi dan Kecamatan.

Bupati Jepara dalam sambutannya mengatakan, forum konsultasi publik ini menjadi wahana untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan sasaran dan program pembangunan daerah sebagai bagian dalam penyusunan RKPD Tahun Anggaran 2023.

“Forum ini juga merupakan tahapan penting sebelum dilaksanakannya Musrenbang RKPD kecamatan, forum lintas perangkat daerah dan musrenbang RKPD Kabupaten,” ujar Andi, sapaan akrab bupati sebagaimana dilansir dalam laman Pemkab Jepara, Minggu (23/1/2022).

Adapun, beberapa hal yang menjadi isu strategis daerah pada tahun 2023, yakni pemenuhan standar minimal pelayanan dasar, perbaikan pesejahteraan sosial, penguatan ekonomi wilayah, peningkatan daya saing daerah, optimalisasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, dan perbaikan tata kelola pemerintahan.

”Melalui kesempatan ini, saya himbau kepada pimpinan perangkat daerah bahwa penyusunan program dan kegiatan tahun 2023 agar memperhatikan dan menyelaraskan dengan prioritas pembangunan yang telah dicanangkan, sehingga terbangun sinergitas program pembangunan dari setiap entitas,” kata Andi.

Dia berharap, agar seluruh perangkat daerah untuk berifikir secara terbuka, memiliki misi kedepan terintegratif dan inovatif yang mampu mengintregasikan pembangunan lintas sektor secara terukur.

“Diharapkan seluruh pihak bisa memberikan masukan, saran dan berfikir bersama, tujuannya adalah untuk memajukan daerah demi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jepara,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar