Vaksin Booster Senjata Ampuh Hadapi Covid-19 Varian Omicron

KBRN, Semarang : Penyebaran Covid-19 jenis Omicron saat ini sudah masuk ke Kota Semarang sejak awal Januari 2022. 

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas kesehatan Kota Semarang Nur Dian Rakhmawati menuturkan, untuk menghadapi varian Omicron ini, Dinas Kesehatan selalu mengingatkan warga Kota Semarang untuk tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. 

Ia juga menyebut jika vaksinasi terutama dosis ketiga atau booster juga menjadi salah satu senjata ampuh untuk menghadapi virus varian Omicron ini. Pihaknya terus mengajak masyarakat  melakukan vaksinasi booster melalui 37 Puskesmas yang tersebar di Kota Semarang yang dilakukan secara berkala. 

”Untuk semua masyarakat Kota Semarang yang V2 nya sudah 6 bulan silahkan untuk mendaftar melalui link victori atau bisa mendaftar melalui Puskesmas yang ada di wilayah masing-masing,” katanya, Selasa (25/1/2022).

Dian mengaku penanganan kasus Omicron dalam perawatan dan penanganannya sama dengan varian Covid lain sebelumnya. Saat ini Dinas Kesehatan sudah menyiapkan upaya penanganan Covid-19 jika sewaktu-waktu kasus Omicron mulai merebak.  

Dian mengungapkan sesuai arahan Walikota Semarang dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, saat ini Rumah Dinas Walikota masih dibuka dan semua pasien covid juga diarahkan untuk isolasi terpusat jika memang di rumah pribadi pasien tidak representatif untuk melakukan isolasi mandiri.  

Menurutnya, hingga kini memang belum ditemukan lagi pasiendengan CT Value rendah yang harus dibawa sampelnya untuk di WGS ke Laboratorium Kesehatan Provinsi untuk diteliti apalah jenis virus yang menaungi pasien adalah Omicron atau Delta. 

“Setiap yang CT Value nya rendah kita kirim untuk WGS Balai Labkes Provinsi kalau di balabkes belum ada hasil brati ya belum tahu varian apa yang ada disana tapi yang ada di rumdin pasti terkonfirmasi positif Covid tapi belum tahu jenis nya apa,” tuturnya 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Semarang, Kadar Lusman meminta kepada masyarakat Kota Semarang untuk tidak panik dalam menghadapi datangnya virus varian baru Omicron. Masyarakat dianggap sudah memiliki pengalaman saat menghadapi ledakan varian Delta beberapa bulan lalu. 

"Saya mengapresiasi Pemerintah Kota Semarang bersama semua stakeholder sudah berhasil saat menghadapi badai varian Delta" ungkap Pilus sapaan akrabnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar