Capaian Vaksinasi Dosis Ketiga di Kendal Masih Rendah

KBRN, Kendal : Pencapaian vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster di Kabupaten Kendal yang sudah dimulai sejak 14 Januari 2022 lalu masih rendah. Pada tahap awal, diutamakan untuk warga lanjut usia dan pelayan publik. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal Parno mengatakan, selain menuntaskan vaksinasi dosis pertama dan kedua yang masih tertinggal, sekarang sudah digencarkan vaksin booster yang dilakukan di tiap-tiap puskesmas.

Selama 10 hari ini, pencapaiannya baru sekitar 5 persen dari jumlah total sasaran sebanyak 802 ribu orang usia 18 tahun ke atas.

Untuk itu, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas supaya gencar melakukan sosialisasi dan melakukan vaksinasi jemput bola atau ke rumah-rumah warga, terutama untuk lanjut usia.

"Kami harus door to door, harus memberitahukan ke warga lansia dan kita harus jemput bola kepada warga lanjut usia, karena melihat usia," katanya, Selasa (25/1/2022).

Kepala UPTD Puskesmas Kaliwungu, dr Tri Nur Alis Rahmawati mengatakan, para petugas terus aktif melakukan sosialisasi vaksin booster kepada masyarakat. Pencapaian vaksin booster di Kecamatan Kaliwungu memang masih sedikit, baru mencapai ratusan, belum tembus di angka seribu.

Hal ini karena masih banyak yang belum genap 6 bulan setelah vaksin dosis kedua, sehingga tidak memenuhi syarat untuk divaksin booster. "Belum datang itu karena belum 6 bulan kok,  tetapi ada juga beberapa yang datang pengin vaksin dosis tiga, tetapi ternyata belum memenuhi syarat. Kami juga sosialisasi terus secara proaktif," ujarnya.

Untuk percepatan vaksin booster, Dinas Kesehatan juga melakukan program vaksinasi terpusat, seperti vaksinasi booster untuk pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Kendal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar