Kunker ke Rembang, DPRD Jateng Terima Keluhan Distribusi Vaksin

KBRN, Rembang : Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Rembang, Kamis (27/1/2022). Di kesempatan itu, Bupati Rembang H Abdul Hafidz mengeluhkan distribusi vaksin yang terbilang kurang lancar.

Hafidz mengatakan sering kali distribusi vaksin dari Pemerintah Provinsi jumlahnya belum bisa dikatakan mampu mendukung percepatan vaksinasi di kabupaten yang dipimpinnya. Padahal ketika diberikan vaksin, selalu habis dalam jangka waktu relatif singkat.

Bupati mengibaratkan sejumlah kota capaian vaksinasinya sudah 80 persen, Rembang baru memperoleh vaksin, itupun dalam jumlah terbilang sedikit.

"Contohnya vaksinasi anak, kemarin kami prediksi kalau vaksin cukup maka tidak lebih dari satu bulan bisa diselesaikan. Kemarin kita ada sekitar 26 ribu , sebentar sudah selesai, oleh karena itu saya mohon dukungannya, " ungkapnya.

Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jateng H Abdul Hamid menjawab pihak Pemprov siap mengirim tambahan vaksin sesuai permintaan.

Terkait berapa vaksin yang akan dikirim lagi ke Rembang dalam waktu dekat ini, Abdul Hamid menuturkan masih dalam proses koordinasi Dinas Kesehatan.

"Ini masih dikoordinasikan oleh dinas kesehatan, kemampuan dia mendistribusikan, stok yang masih ada, cakupan segmen mana saja , apakah anak- anak, lansia, dewasa atau untuk booster, " tuturnya.

Capaian vaksinasi di Rembang per 25 januari 2022 untuk dosis 1 sebesar 81,93 persen. Namun capaian dosis 2 baru 50,64 persen. Sedangkan capaian vaksinasi anak dosis 1 dari data DKK Rembang sudah 62,97 persen.(MCS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar