Polres Kendal Musnahkan 359 Knalpot Brong

KBRN, Kendal : Polres Kendal melakukan pemusnahan 359 knalpot brong hasil operasi yang dilakukan Satlantas Polres Kendal selama dua pekan terakhir ini. Pemusnahan knalpot brong menggunakan mesin pemotong besi dilakukan usai Apel Besar Tertib Lalu Lintas di halaman Mapolres Kendal, Jumat (28/1/2022). 

Apel dipimpin oleh Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho didampingi Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto dan dihadiri segenap Forkopimda Kendal, tokoh masyarakat, tokoh agama dan sejumlah klub otomotif. Klub otomotif juga melakukan deklarasi Tertib Lalu Lintas dan Anti Knalpot Brong.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, selama tahun 2021 di Jawa Tengah terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 22.542 kejadian dengan korban meninggal dunia sebanyak 3570 orang. Khusus di Kabupaten Kendal selama tahun 2021 angka kecelakaan lalu lintas sebanyak 434 kejadian dengan korban meninggal dunia sebanyak 127 orang.

“Angka ini menunjukkan kejadian kecelakaan lalu lintas di Jawa tengah, termasuk di Kabupaten Kendal cukup besar, bahkan khusus di Kabupaten Kendal rata-rata per bulan ada 8 sampai 9 orang meninggal akibat kecelakaan lalu. Untuk itu, sangat tepat Polres Kendal menggelar  apel tertib lalu lintas, tujuannya supaya kondisi lalu lintas selalu aman, nyaman tertib dan lancar,” katanya.

Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto mengatakan, operasi knalpot brong ini untuk mendukung program Polda Jateng dalam mewujudkan Jawa Tengah zero knalpot brong. Operasi knalpot brong akan terus dilakukan secara humanis dengan menugaskan Tim UKL di beberapa titik. “Operasi knalpot brong akan terus dilakukan dan tiap hari kami up date terus hasil operasi knalpot brong,” katanya.

Polres Kendal juga melaunching Tim Handal Polres Kendal yang bertugas memberantas aksi kejahatan di jalan raya. Tim ini melakukan patroli di jalan raya selama 24 jam supaya supaya wilayah Kendal aman dari kejahatan begal. “Sasaran patroli terutama di titik-titik yang rawan kejahatan, supaya tidak ada begal untuk membuat takut para begal,” katanya. 

Anggota Rapi Rider Kendal, Muhammad Khisom menegaskan, bahwa Tim Rapi Rider siap menjadi pelopor keselamatan berlalulintas di jalan. Untuk itu Tim Rapi Rider mendukung program Polda Jateng dalam mewujudkan Jawa Tengah bebas knalpot brong. Hal ini untuk menciptakan  lalu lintas yang nyaman dan menjaga sopan santun di jalan. Maka bila ada anggotanya yang menggunakan knalpot brong, akan segera ditegur demi menjunjung nama baik komunitas. “Tim Rapi Rider dari organisasi komunikasi Rapi Kendal siap menjadi pelopor keselamatan berlalulintas,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar