Lapas Terbuka Kelas 2B Kendal Buka Home Stay

KBRN, Kendal : Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas 2B Kendal membuka homestay untuk keluarga warga binaan yang besuk. Homestay berupa rumah yang terdiri dari tiga kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang dapur lengkap dengan peralatan dapur dan ruang keluarga yang dilengkapi kipas angin dan televisi. Lokasi homestay berada di kawasan kantor lapas.

Kepala Lapas Terbuka Kelas 2B Kendal, Rusdedy mengatakan, ada 4 rumah yang sudah siap dijadikan homestay, yang difungsikan untuk melepas kangen bagi keluarga warga binaan yang besuk, seperti istri, anak dan orang tua. Tidak dipungut biaya bagi keluarga warga binaan yang singgah di homestay, namun dibatasi maksimal 2 hari. "Lapas Terbuka ini kan lapas asimilasi, lapas yang membaurkan warga binaan dengan masyarakat, dan masyarakat itu termasuk keluarga ini warga binaan, makanya diadakan program home stay family," jelasnya, Selasa (18/1/2022).

Rusdedy mengatakan, homestay diberikan sebagai hadiah kepada warga binaan yang berkelakuan baik. Untuk itu bagi warga binaan yang bermasalah, seperti suka berkelahi tidak bisa diberi kesempatan menikmati home stay. "Home stay ini sebagai reward bagi warga binaan yang berkelakuan baik," katanya. 

Seorang warga binaan, Teguh Wibowo mengatakan, sangat bagus dengan adanya homestay di lapas.Apalagi dengan fasilitas yang lengkap, sehingga cukup nyaman. "Adanya home stay tentu senang, karena bisa berkumpul dengan anak istri, walaupun cuma sesaat, tetapi saya berterimakasih dengan fasilitas home stay yang diadakan di lapas terbuka ini," kata Teguh yang pernah menikmati home stay satu malam," ucapnya.

Keberadaan homestay di lapas terbuka ini sejak tahun 2017, namun sempat ditutup saat awal terjadi pandemi Covid-19. Setelah kondisi membaik, homestay kembali dibuka, namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar