Bupati Kendal Terima Baznas Award 2022

KBRN, Kendal : Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mendapat Baznas Award 2022 dalam kategori Bupati Pendukung Gerakan Zakat Indonesia. Penyerahan penghargaan dilakukan di The Sultan Hotel & Ballroom, Jakarta, Senin (17/1/2022). Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam peringatan HUT Baznas ke-21 dengan tema “Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat.

Ketua Baznas Kendal Samsul Huda menjelaskan, selain Bupati Dico, hanya ada 9 bupati lain yang menerima penghargaan tersebut se-Indonesia. Standar penilaian dalam memberikan award tersebut menggunakan Indeks Zakat Nasional (IZN) dan juga penilaian kuantitatif dan kualitatif. “Indikator yang dinilai adalah seberapa besar dukungan kepala daerah dari aspek regulasi, pendanaan dari APBD dan sarana prasarana kepada Baznas Kabupaten Kendal,” jelasnya, Selasa (18/1/2022).

Selama tahun 2021, Bupati Dico bersama Baznas Kendal sudah menyalurkan total Rp 7,8 miliar melalui 40 kegiatan penyaluran. Kegiatan tersebut terdiri dari pendistribusian zakat untuk orang tua miskin dan GTT/PTT se-Kabupaten Kendal, zakat untuk takmir masjid di setiap safari salat Jumat, pembangunan rumah layak huni korban kebakaran, dan bantuan produktif untuk para peternak kambing.

Dico mengatakan, penghargaan ini sebagai bentuk pengingat untuk terus memberikan dukungan dalam menyalurkan amal zakat ASN dan masyarakat umum di Kabupaten Kendal. Bupati juga meminta Baznas Kabupaten Kendal untuk terus mendorong bantuan-bantuan yang memiliki nilai produktif untuk masyarakat, sehingga bermanfaat secara berkelanjutan.

“Alhamdulillah, penghargaan ini Saya terima sebagai bentuk pengingat saya untuk terus memberikan dukungan terbaik dalam menyalurkan amal zakat ASN dan masyarakat umum di Kabupaten Kendal,” ucapnya.

Bupati mengatakan, Pemkab Kendal berkomitmen untuk terus bersinergi dan bekerjasama dengan Baznas Kendal guna menyelesaikan masalah bencana alam, RTLH, kemanusiaan, pendidikan, maupun usaha produktif lainnya. Selain itu juga menginisiasi zakat produktif sebagai upaya memutus rantai ketergantungan para pelaku UMKM dan ultra mikro dari jeratan rentenir di Kabupaten Kendal. “Kami ikut turun langsung ke lapangan, sehingga Kendal yang Handal, Unggul, Makmur, dan Berkeadilan dapat terwujud,” pungkasnya.

Saat menerima penghargaan Baznas Award 2022 ini, Bupati Dico didampingi seluruh pimpinan Baznas Kabupaten Kendal, Ketua Baznas Syamsul Huda beserta Waka 1 H Moh Antono, Waka 2 Munhamir, Waka 3 M Saifudin Al Huda dan Waka 4 Hj Nunuk Sarah Zenubia. 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar