Pameran “Magelang Craft Expo 2021”, Pintu Gerbang Kebangkitan Ekonomi IKM

KBRN, Magelang : Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang menggiatkan kembali industri kecil menengah (IKM) di Kota Magelang dengan menggelar pameran kerajinan bertajuk, "Magelang Craft Expo 2021".

“Melalui pameran ini diharapkan dapat menunjang peningkatan usaha mereka. Tidak hanya geliat usaha mereka saja, tetapi juga menunjang geliat perekonomian Kota Magelang Magelang secara umum.  Karena, selama pandemi Covid-19  mereka terdampak,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang Catur Budi Fajar Sumarmo saat pembukaan  pameran kerajinan Magelang Craft Expo 2021 di Taman Kyai Langgeng, Kota Magelang, Sabtu (12/11/2021).

Catur Budi mengatakan, pameran  yang diikuti 60 industri kecil menengah (IKM) se-Magelang tersebut, merupakan pameran pertama kali setelah hampir dua tahun  tidak dilaksanakan  karena adanya pandemi Covid-19.

Menurutnya, pameran yang akan berlangsung selama dua hari ( Sabtu-Minggu,13/14/11) itu bertujuan mengenalkan produk kerajinan Kota Magelang dan membuka peluang pasar mereka. Selain itu, yang tidak  kalah pentingnya, sebagai ajang komunikasi antara pelaku usaha sendiri dan dengan pemerintah serta masyarakat.

Ia juga berharap, pameran industri kerajinan  yang  berada di bawah binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)  dan diketuai Niken Ichtiaty Nur Aziz tersebu, dapat menunjang peningkatan usaha pelaku IKM yang ada.

“Pameran ini diikuti sekitar 62 industri kecil menengah kerajinan dan makanan se  Kota Magelang dan menempati 45 stan. Diharapkan, pameran ini menjadi pintu gerbang kebangkitan ekonomi di Kota Magelang,” imbuhnya.

Wali Kota Magelang Muchammad Nur Azis mengatakan, dipilihnya Taman Kyai Langgeng sebagai tempat untuk pameran IKM ini, bertujuan mengenalkan produk-produk dari pengusaha IKM Kota Magelang bagi para pengunjung Taman Kyai Langgeng dari daerah lain.

“Keberadaan pameran ini supaya integral dengan Taman Kyai Langgeng, dan diharapkan juga bisa menjaring wisatawan luar kota lebih mengenal produk IKM Kota Magelang,” katanya.

Sementara itu,  Herjuna, salah satu peserta pameran mengatakan, digelarnya kembali pameran  Magelang Expo 2021 ini, mempunyai dampak positif bagi para pelaku IKM yang ada di Kota Magelang, setelah hampir dua tahun terdampak Covid-19.

“Pameran ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi para pelaku IKM jual beli produk, tetapi juga sebagai ajang promosi  produk-produk bagi kalangan UMKM dan IKM yang ada,” kata Herjuna yang juga pemilik usaha makanan ringan  rempeyek “Gading Mas”. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar