Bupati Grobogan Dorong OPD Beli Bawang Merah Petani

KBRN, Grobogan : Bupati Grobogan Sri Sumarni mewajibkan seluruh instansi di Kabupaten Grobogan untuk membeli bawang, guna membantu petani akibat hasil panen bawang merahnya yang anjlok. Bahkan, Bupati langsung mengabsen satu persatu kepala dinas dan instansi.

Tak hanya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dewan pun juga turut andil borong bawang merah sebanyak 10 kuintal. Aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah Kabupaten Grobogan terhadap para petani bawang saat ini.

Di mana pada masa panen raya bawang merah saat ini harga yang biasanya mencapai Rp 35 ribu per kilogram anjlok hingga Rp10 ribu. Dari upaya yang dilakukan Bupati Grobogan, Jumat (19/11), bawang merah petani seharga Rp 25 ribu sebanyak 7,5 ton bawang itu habis terjual. 

"Gerakan pagi ini untuk antisipasi harga bawang merah di pasaran hanya 6-10 ribu perkilogram, para petani bawang merah rugi dan menangis,  ini bentuk kepedulian dari pemerintah untuk membantu petani," ucap Sri Sumarni. 

Bawang yang dipasarkan merupakan hasil panen dari 4 kecamatan di Kabupaten Grobogan yakni Klambu, Godong, Penawangan, dan Toroh. Diharapkan harga kembali stabil di kisaran Rp 15 ribu.

"Jadi gerakan ini adalah inisiasi karena harga bawang merah belum beranjak naik, harapannya, harga bawang merah segera naik kembali agar petani tidak merugi," ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan Sunanto. 

Selain harga jenis borongan, disediakan juga paket bawang merah 2 kilogram seharga Rp 50 ribu perpaket.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar