Dimasa Pandemi Peran Perbankan Sangat Penting

KBRN, Semarang : Peran perbankan dalam perekonomian sangat penting terlebih dalam masa pandemi. Hal tersebut dikemukakan Wakil Ketua Komisi C Sriyanto Saputro, dalam Dialog 4 Pilar Kebangsaan di Surakarta (19/11/2021) dengan mengangkat tema “Penguatan Perbankan dalam Mendukung Kemandirian Ekonomi Kebangsaan”.

“Kami cukup optimistis akan pertumbuhan ekonomi, begitu terkena pandemi terjadi penurunan ekonomi mencapai minus 2,8 persen, kami dari DPRD memotivasi eksekutif bahwa kita punya kekuatan di UMKM, pertanian, perikanan, dan perbankan. Inilah yang akan bisa memulihkan perekonomian,” terang Sriyanto.

Politikus Partai Gerindra tersebut menambahkan bahwa optimisme menumbuhkan perekonomian Jawa Tengah harus ada, sektor pendapatan akan dinaikkan dengan skala yang proporsional, di sinilah peran Bank Jateng yang mempunyai cabang di 35 kab/kota punya peranan dalam pemerataan ekonomi.

“Dalam penguatan perbankan sebagai dasar pemulihan ekonomi, tentunya perlu sinergi antara pemerintah provinsi dan pemerintah daerah, dengan acuan akurasi data yang tepat, kita bisa genjot perbankan agar lebih dikenal masyarakat, Bank Jateng ke depan harus terus berbenah dan disempurnakan, dan harapan kami di era digitalisasi ini bank jateng bisa menyesuaikan” tutur Sriyanto.

Sementara Dirut Ritel dan Bisnis Usaha Syariah Bank Jateng Irianto Harko menjelaskan, Bank Jateng sangat fokus dalam pembenahan ekonomi, mulai dari BUMD dan UMKM. Secara maksimal bank milik Pemprov Jateng itu akan fokus untuk pendapatan daerah baik kabupaten/kota ataupun provinsi.

“Kondisi saat ini semakin membaik, pembiayaan di bank jateng sudah mencapai target yang ditetapkan, termasuk pwmberian kredit UMKM dan kita juga memiliki unit layanan mikro” jelas Irianto.

(Humas DPRD)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar