Siapkan Kios Khusus UMKM di Komplek Alun- alun Lasem

KBRN, Rembang : Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Rembang tengah menyiapkan pertokoan bagi pelaku UMKM di Lasem. Rencananya lokasinya diletakkan di tengah-tengah bangunan alun-alun Lasem yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Rembang, Akhsanudin berupaya mendorong para pelaku UMKM agar terus berkembang di tengah pandemi covid-19. Upaya tersebut adalah dengan memberikan pelatihan, memberikan fasilitas sertifikat tanah gratis, dan menyediakan tempat berjualan bagi mereka.

Dirinya mencontohkan seperti di Desa Selopuro Lasem, para Ibu-ibu rumah tangga diberi pelatihan untuk membuat makanan siap saji. Pelatihan itu telah diberikan sebelum adanya wabah pandemi Covid-19.

"Beberapa upaya itu kita harapkan kedepan di Desa Selopuro bisa tumbuh gerakan UMKM yang telah kita fasilitasi,” kata dia.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, dorongan yang diberikan Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Rembang disektor UMKM juga berjalan lurus dengan terbangunnya Lasem sebagai Kota Pusaka. Pasalnya ditengah-tengah alun-alun Lasem nantinya akan dibangun pertokoan untuk pelaku UMKM.

“Nanti di tengah-tengah alun-alun yang dibangun itu nanti kita juga sudah menyiapkan pertokoan yang disebut pertokoan UMKM yang berhubungan dengan ekonomi kreatif,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan, pelaku UMKM juga dibantu untuk sertifikasi tanah. Dengan tujuan untuk agar bisa dijadikan jaminan untuk pinjaman modal di Bank. Pasalnya tidak mempungkiri jika modal menjadi permasalahan utama yang kerap dihadapi oleh pelaku UMKM dalam mengambangan usaha. (MCS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar