Sekolah Bisnis Muslim Angkatan IV Wisuda 39 Peserta

KBRN, Kendal : Sebanyak 39 peserta mengikuti wisuda Sekolah Bisnis Muslim (SBM) angkatan ke-4 di aula Pusat Dakwah Muhammadiyah Kendal, Minggu (28/11/2021). Sebelumnya, mereka telah mengikuti pendidikan sebanyak 10 kali pertemuan dalam waktu lima bulan. 

Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PD Muhammadiyah Kendal M Noer Agoes Hidayat mengatakan, peserta SBM cukup beragam, ada yang sudah punya usaha yang ingin dikembangkan, ada baru awal merintis dan ada juga yang belum punya usaha. Dari berbagai pengalaman peserta tersebut menjadi tantangan dalam pembelajaran untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman.

"Di SBM ini, pengalaman itu bisa diambil untuk dicari solusinya oleh para pengisi materi, yang merupakan pelaku langsung di lapangan," katanya.

Dia mengatakan, peserta SBM ini masyarakat umum yang memiliki komitmen untuk membangun dan memajukan usaha. Berbagai usaha, seperti kuliner, usaha peternakan, pertanian, industri, juga usaha bidang jasa. "Peserta yang penting harus komitmen mengikuti pendidikan dari awal sampai akhir," ujarnya.

Nur Hidayah, salah seorang peserta SBM mengaku banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bisa diterapkan dalam mengembangkan usahanya. Ia pun semakin melebarkan pemasaran, dan mendapatkan bantuan modal untuk mengembangkan usahanya.

"Saya membuat produk kemasan ekstrak herbal, Alhamdulillah setelah ikut SBM, omsetnya semakin meningkat," katanya.

Ketua PDM Muhammadiyah, Ikhsan Intizam mengatakan, bahwa peserta SBM tidak dipungut biaya, karena tujuannya untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. "SBM ini untuk mencetak pengusaha muslim yang sukses," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar