Laskar Lereng Muria Tanam 2000 Bibit Tanaman Buah

KBRN, Kudus : Komunitas Peduli Lingkungan “Laskar Lereng Muria” mengadakan gerakan penanaman dan pembagian bibit produktif di Desa Soco, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Kamis (25/11/2021). Kegiatan ini didukung PR Sukun dan BPDASHL Pemali Jratun.

Hadir dalam acara ini Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, Kepala Dinas PKPLH Agung Karyanto, Corporate Communication Manager Sukun Group , Deka Hendratmanto, Kasi Program BPDASHL Pemali Jratun, Ahmad Sudarno, Kades Soco Lilik Ekowati serta sejumlah pejabat wilayah Dawe.

Usai acara, Mawar Hartopo mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini yang diinisiasi oleh Laskar Lereng Muria. Karena sebagian wilayah gunung dan pegunungan di Kudus memang sudah banyak yang gundul. Seperti lereng Muria, Patiayam serta pegunungan Kendeng diwilayah Undaan.

Akibatnya bila hujan deras seringkali terjadi banjir maupun banjir bandang. Maka dari itu lanjut Mawar, masalah ini menjadi tanggungjawab seluruh elemen masyarakat.

“Marilah kita sama – sama saling menjaga alam dan kita bisa menanam apa saja disekitar lingkungan kita. Itu salah satu usaha untuk ikut merawat alam. Yang terpenting juga, kegiatan ini harus berkelanjutan dan jangan hanya formalitas saja,” katanya.

Sementara itu Ketua Laskar Lereng Muria, Agus Riawan mengatakan kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk ikut melestarikan alam dan menghijaukan lereng Muria. Penanaman bibit pohon seperti ini sangat penting bagi kehidupan masyarakat.

“Kami juga memberikan bibit tanaman buah kepada masyarakat yang bertujuan untuk membantu perekonomian mereka. Bila bibit buah ini ditanam oleh masyarakat, tentunya hasilnya dapat dinikmati oleh warga sekitar,” ujar Agus Riawan.

Selain itu, pihaknya kedepan nanti juga akan melakukan kegiatan serupa diwilayah pegunungan Patiayam. Untuk kegiatan ini dari total 2000 bibit tanaman buah, 100 bibit secara simbolis telah ditanam oleh beberapa pejabat dan lainnya akan dibagikan kepada warga sekitar Desa Soco.

Adapun, bibit tanaman buah yang ditanam adalah bibit pohon durian, rambutan, jambu madu dali, alpukat serta kelengkeng. Bibit tanaman buah ini didapatkan dari BPDASHL Pemali Jratun Jawa Tengah.

Kasi Program BPDASHL Pemali Jratun, Ahmad Sudarno sangat mendukung setiap kegiatan seperti ini. Bahkan bila dibutuhkan, pihaknya juga siap membantu menyediakan bibit tanaman buah.

“Kami sangat mendukung upaya untuk penanaman pohon dilokasi – lokasi yang gundul. Kami siapkan bibit tanaman bila dibutuhkan masyarakat maupun komunitas peduli lingkungan,” tutup Darno panggilan akrabnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penanaman bibit pohon oleh sejumlah pejabat dan tamu undangan. Setelah sebelumnya juga dilakukan secara simbolis penyerahan bibit tanaman produktif oleh Mawar Hartopo kepada Kades Soco, Lilik Ekowati .

Begitu pula, Deka Hendratmanto dari Sukun Group juga menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan Gapoktan Desa Soco. (Roy Kusuma)              

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar