Lama Tak Dikunjungi Wisatawan, Satwa Semarang Zoo Banyak yang Melahirkan

KBRN, Semarang : Masa pandemi Covid-19 yang dibarengi dengan kebijakan PPKM, mengharuskan tempat – tempat wisata tutup, termasuk obyek wisata Semarang Zoo. Kondisi ini menjadi pukulan berat bagi pengelola Semarang Zoo karena harus mampu bertahan untuk menjaga kelangsungan hidup satwa. 

Padahal, sumber dana dari retribusi pengunjung berhenti karena tutup. Namun disisi lain, tahun ini justru menjadi tahun kelahiran dari beberapa jenis satwa Semarang Zoo.

Direktur Semarang Zoo, Choirul Awaluddin mengungkapkan, tahun ini akan ada kelahiran Harimau, bahkan sebelumnya Rusa tutul juga telah melahirkan. Pada Minggu (22/8/2021 ), pihaknya telah mengamankan sekitar 20 butir telur buaya.

“Semakin lama populasi di Semarang Zoo ini semakin banyak. Tentunya opersionalnya harus tinggi juga,“ jelasnya.

Mengenai antusiasme masyarakat terkait mulai dibukanya Semarang Zoo sejak 18 Agustus lalu, Awaluddin mengaku masih belum nampak signifikan.

Hal ini karena masyarakat belum tahu, sehingga perlu upaya promosi dan sosialisasi yang lebih intensif.

“Biasanya di hari – hari week end pengunjung mencapai 3 – 5 ribu orang, saat ini masih diangka 600 an. Ya masih lumayanlah untuk diawal – awal pembukaan ini,“ ungkapnya.

Beberapa koleksi satwa yang ada di kebun binatang kebanggaan warga Semarang ini, Harimau dan Gajah menjadi Icon dan daya tarik unggulan.

Mengingat saat ini Semarang Zoo memiliki 13 ekor Harimau. Ini merupakan jumlah Harimau terbanyak ke dua setelah Taman Safari Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar