Resep Ungkep Daging Kambing

KBRN Semarang : Resep ungkep daging kambing merupakan sebuah masakan yang bisa di praktikkan di rumah. Biasanya, daging kambing diolah menjadi masakan gulai, tongseng, sate, atau yang lainnya. Untuk yang sekarang, daging kambing akan dimasak dengan cara diungkep.

Berikut Resepnya.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging kambing segar
  2. 65 ml santan
  3. 2 buah jeruk nipis
  4. 2 gelas air
  5. 5 buah daun jeruk
  6. 3 buah daun salam
  7. 2 batang serai
  8. 1 sendok teh garam
  9. 1 sendok teh gula pasir
  10. ½ sendok teh kaldu bubuk
  11. ¼ sendok teh merica bubuk
  12. 2 sendok makan kecap manis
  13. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 cm jahe
  4. 1 cm lengkuas
  5. 5 butir kemiri
  6. 4 buah cabai merah besar
  7. ½ sendok teh ketumbar
  8. 1 buah tomat merah

Cara memasak ungkep daging kambing

  1. Bersihkan daging kambing di bawah air mengalir. Setelah itu, potong-potong daging kambing ukuran sedang.
  2. Masukkan semua potongan daging ke dalam sebuah wadah baskom, lalu beri perasan jeruk nipis. Aduk sebentar dan diamkan sekitar 25 menit untuk menghilangkan bau khasnya. Setelah 25 menit, bilas semua potongan daging di bawah air mengalir. Sisihkan.
  3. Setelah itu, siapkan panci ukuran sedang dan teruh semua daging di dalamnya. Tuangkan air hingga menenggelamkan semua daging. Lalu, rebus daging sekitar 45 menit atau hingga matang dan empuk. Setelah matang, angkat daging dan sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum. tambahkan batang serai, daun jeruk, dan daun salam. Tumis dan aduk merata hingga semua bahan layu.
  5. Tambahkan air dan santan yang sudah disiapkan. Kecilkan api kompor dan aduk terus menerus secara perlahan saja agar santan tidak pecah.
  6. Setelah itu, masukkan potongan daging kambing dan terus aduk perlahan. Bumbui dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk, merica bubuk, dan kecap manis. Aduk merata dan masak hingga kuahnya menyusut.
  7. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan lagi kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata sebentar. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan ungkep daging kambing yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar