Ketep Pass Dibuka Kembali Dengan Protokol Kesehatan Ketat

KBRN, Magelang : Badan Pengelola Objek Wisata Ketep Pass melakukan uji coba pembukaan kembali destinasi wisata yang menawarkan panorama alam Gunung Merapi dan Merbabu.

“Uji coba pembukaan kembali ini berdasarkan Surat Edaran Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI Nomor : SE/31/IL04.00/DII/2021 Tanggal 25 Oktober 2021. Ketep Pass juga sudah lolos audit sertifikasi CHSE dengan total ilai 98 persen dan sangat memuaskan,” kata Direktur Utama Badan Pengelola Objek Wisata Ketep Pass, Mul Budi Santoso, Jumat ( 28/10).

Mul Budi mengatakan, ujicoba pembukaan kembali objek wisata Ketep Pass ini dilakukan, setelah objek wisata yang ada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan tersebut termasuk satu dari 40  taman rekreasi se- Indonesia yang akan diizinkan melakukan uji coba pembukaan kembali.

Menurutnya, selama masa ujicoba tersebut pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti para pengunjung wajib menggunggah aplikasi PeduliLindungi atau telah divaksin.

“Kami memberikan toleransi bagi pengunjung yang belum menggunggah aplikasi PeduliLindungi, bisa menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 dan kita cocokkan dengan kartu identitasnya,” katanya.

Ia menegaskan, belum bisa menerima pengunjung  anak-anak di bawah usia 12 tahun, karena hingga saat ini wilayah Kabupaten Magelang masih berada di level III PPKM.

Budi menambahkan, pihaknya juga masih membatasi jumlah pengunjung dalam seharinya sebesar 25 persen dari  koutanya 6.000 orang, yakni sebanyak 1.500 orang termasuk seluruh karyawan dan para pedagang yang berjualan di dalam aera objek wisata itu.

“Dalam seharinya, Ketep Pass hanya diperbolehkan menerima kunjungan sebanyak 1400 orang ditambah karyawan dan pedagang yang berjualan di dalam area objek wisata  dan berjumlah sekitar 100 orang,” kata pria yang akrab disapa “Bodrek”.

Sedangkan untuk jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Setiap harinya juga akan ditutup untuk kunjungan wisatawan selama satu jam yakni pukul 12.30 WIB hingga 13.30 WIB.

Selain itu,  hanya buka mulai Selasa hingga Minggu. Sedangkan, setiap hari Senin objek wisata Ketep Pass juga ditutup untuk kunjungan wisatawa.

Penutupan objek wisata yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut tersebut dilakukan untuk sterilisasi seluruh aera.

“Operasional Ketep Pass ditutup setiap hari Senin, selain itu setiap harinya juga ditutup setiap pukul pukul 12.30 WIB hingga 13.30 WIB. Untuk memaksimalkan setrilisasi area, penyemprotan disinfektan dan bersih-bersih,” katanya.  

Sementara itu, Vita salah pengunjung pada hari pertama ujicoba pembukaan kembali Ketep Pass, mengaku senang bisa berkunjung ke  objek wisata itu.

 Selain bisa menikmati keindahan alam Gunung Merapi dan Merbabu, juga bisa menambah pengetahuan tentang Gunung Merapi, melalui Museum Merapi Ketep Pass.

Di sisi lain, ia juga mengaku fasilitas protokol kesehatan yang ada juga sudah mencukupi, mulai penerapan aplikasi PeduliLindungi maupun sarana protokol kesehatan lainnya.

“Untuk fasilitas protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, handsanitizer sudah banyak, juga  penerapan aplikasi PeduliLindungi yang juga sudah tersedia,” ujar pengunjung dari Purwokerto ini. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar