Di Kampung Jawi Dapat Belajar Dan Menikmati Budaya Jawa

KBRN, Semarang : Wisata Kampung Jawi yang berada di Desa Sukorejo, Gunungpati, Kota Semarang, ternyata sudah memulai kegiatan kebudayaan jauh sebelum tempat wisata ini berdiri, tanggal 25 Oktober 2018.  Kegiatan-kegiatan berupa latihan menari dan bermain musik tradisional, kini dikembangkan lagi menjadi tempat wisata, agar masyarakat dapat menikmati dan belajar tentang budaya, terutama kebudayaan jawa.

Salah satu kampung tematik yang di percaya pemerintah dan masyarakat dengan mengembangkan kebudayaan, kampung jawi mengusung tema dengan suasana pedesaan, yang di lengkapi dengan banyaknya lampu minyak atau senthir, dan khusus pada setiap malam jumat wisatawan akan dimanjakan dengan alunan musik keroncong.

Menurut Joko Narimo, salah satu pengelola wisata Kampung Jawi, selain menjadi pusat kebudayaan, kampung jawi menyediakan banyak sekali kuliner tradisional. “Disini kami usahakan agar dapat semirip mungkin dengan suasana pedesaan dizaman dahulu, dengan menawarkan berbagai masakan kuliner tradisional”. Ucapnya pada RRI, Rabu (14/18/2021).

Akses yang mudah, menjadi satu alasan kenapa Kampung Jawi selalu ramai didatangi wisatawan dari berbagai kota dan  berbagai kalangan usia. Keunikan yang akan ditemukan wisatawan adalah cara bertransaksinya menggunakan uang kepeng, yang merupakan tradisi jaman majapahit.

Joko Narimo berharap, wisata kampung jawi dapat menjadi peluang untuk meningkatkan perekonomian. “Selain memperkenalkan tradisi budaya jawa, saya berharap dengan adanya tempat wisata ini, warga dapat meningkatkan perekonomian melalui UMKM dari penjualan jajanan tradisional”. Tuturnya.

(Siti Nur Mu’afiyah)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar