Belajar Sekaligus Berwisata di Kampung Batik Semarang

KBRN, Semarang : Kampung Batik Semarang merupakan destinasi wisata yang patut dikunjungi saat ke Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.  Lokasinya terletak di kelurahan Rejomulyo tidak Jauh dari kawasan Kota Lama dan Pasar Johar.

Di Kampung Batik Semarang wisatawan selain bisa berbelanja kain batik dan pakaian ,juga dapat belajar membatik  secara langsung dengan pengrajin. Ada beberapa pengrajin yang menyediakan jasa bagi wisatawan jika ingin belajar bagaimana cara membatik.

Salah satu pengrajin yang menyediakan jasa tersebut adalah Siti Afifah, yang juga  pemilik batik Figa, ia memberikan pelatihan kepada siapapun yang ingin belajar membatik. Bagi pemula yang baru belajar, pengunjung bisa membuat sapu tangan dengan bandrol sebesar lima puluh ribu dan hasil tersebut bisa langsung di bawa pulang. Siti Afifah juga menyediakan alat dan bahan untuk pengunjung yang penasaran ingin membuat batik sendiri.

“Kadang ada yang penasaran terus ingin belajar di rumah saya juga menyediakan alat dan bahan mas nanti kalau mau pewarnaan bisa datang langsung kesini”. Ungkapnya.

Pengunjung juga bisa membeli kain atau produknya degan bandrol 100 ribu - 1,5 Juta. " Sebelum pandemi Kampung Batik ramai di kunjungi saat Sabtu dan Minggu tak hanya dari warga asli Kota Semarang namun juga  dari luar kota maupun manca negara. Dari anak-anak sampai orang tua datang untuk belajar membuat batik namun saat pandemi sepi pengunjung. " Pungkas Siti Afifah.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar