Kembangkan Desa Wisata, Pemkab Kucurkan Bantuan 1,7 Miliar

KBRN, Temanggung: Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) mengucurkan dana 1,7 miliar untuk pengembangan wisata di 13 lokasi desa.

Fungsional Bidang Pariwisata, Dinbudpar Temanggung, Arbai Nur Muhammad mengatakan bantuan tersebut difokuskan untuk pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan sarana prasarana di lokasi wisata.

"Bantuan keuangan sebesar 1,7 miliar ini bersumber dari APBD Penetapan tahun 2022 untuk pengembangan pariwisata di 13 desa. Bantuan itu untuk meningkatkan sektor pelayanan dan juga sarpras di lokasi wisata," katanya, Jumat (24/6/2022).

Ia mengatakan, dengan didukung sarana prasarana yang memadai dan kualitas sumber daya manusia, wisata desa akan lebih menarik untuk dikunjungi wisatawan. Sehingga perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa juga meningkat.

"Desa-desa ini memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan pariwisata, maka kita harapkan dengan bantuan keuangan ini bisa meningkatkan sektor pelayanan pariwisata di desa itu agar menarik dikunjungi. Dari kunjungan wisatawan yang banyak itulah, maka pendapatan desa secara otomatis meningkat, dan juga menambah pendapatan bagi masyarakat," imbuhnya.

Arbai menyebutkan, masing-masing desa wisata akan mendapatkan bantuan bervariasi, mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 300 juta rupiah.

"Masing-masing desa itu menerima bantuan keuangan bervariasi, mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 300 juta rupiah," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar