Ganjar Peringati Hari Pahlawan di Lapangan Sendang Blora Secara Sederhana

KBRN, Blora : Gubernur Jawa Tengah  Ganjar Pranowo, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan tingkat Jawa Tengah pada Rabu pagi (10/11) di Desa Temurejo, Kabupaten Blora.

Uniknya, upacara tersebut dilangsungkan di tanah lapang di Desa Temurejo yang letaknya tak jauh dari Makam salah satu pahlawan dari Aceh, Pocut Meurah Intan.

Ganjar mengungkapkan, bagaimana dirinya hadir di Kabupaten Blora dalam rangka memperingati hari pahlawan ini.

“Sebenarnya inspirasinya waktu Sumpah Pemuda kemarin, ketemu dengan kawan-kawan mahasiswa lalu ada cerita soal pahlawan dari Aceh, Pocut Meurah Intan, mbah Cut terkenalnya disini," jelasnya.

Hingga kemudian, lanjut Ganjar, muncul gagasan dengan para mahasiswa untuk meninjau sekaligus bersih-bersih Makam Pocut Meurah Intan di Kabupaten Blora.

"Hingga saat itu gagasan itu muncul dengan kawan-kawan mahasiswa, yuk kita bersih-bersih makamnya, kemudian saya konfirmasi dengan Pak Bupati dan ternyata sudah komunikasi lama soal ini," katanya.

"Lalu kita punya ide gagasan kalau begitu upacaranya di Blora saja, dekat makamnya dan akhirnya kita bisa bersama-sama dengan warga disini," sambungnya.

Dikatakannya, meski Pocut Meurah Intan tidak ada sanak keturunannya disitu, tetapi Makamnya selalu dijaga dan dirawat oleh Masyarakat Desa Temurejo.

Ganjar menegaskan, dari manapun asalnya, selama ia berjuang untuk Indonesia Raya maka dia adalah pahlawan kita semua.

“Beliau tetaplah Singa Betina dari Aceh. Dimakamkan di tanah manapun, tidak akan pernah melunturkan kebesaran nama dan perjuangan beliau. Sebagai-mana yang dialami banyak pahlawan kita. Karena kepahlawanan tidak memandang apa sukunya, ras-nya maupun apa agamanya. Selagi berjuang untuk Indonesia Raya, mereka adalah pahlawan kita” terangnya.

Setelah upacara selesai dilakuikan, Gubernur secara simbolis menyerahkan Hibah APBD Provinsi Jawa Tengah Bidang Keagamaan Tahun Anggaran 2021.

(Ramananda)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar