Silaturahmi di Sedulur Sikep Blora, Ganjar Didoakan Sukses Jadi Pemimpin

KBRN, Blora : Bertepatan dengan Hari Pahlawan tahun 10 Nopember 2021 ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama rombongan berkunjung ke Kampung sedulur sikep Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kabupaten Blora, Rabu (10/11/2021).

Kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah ini untuk melakukan ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan menara air atau tower jaringan air bersih, dan pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Setibanya di lokasi, Ganjar didampingi Bupati Arief Rohman dan sesepuh Kampung Samin Karangpace Mbah Lasiyo melakukan peletakan batu pertama pondasi menara air yang direkatkan dengan adukan semen.

Rombongan kemudian berjalan sekitar 100 meter melalui jalan paving di tengah kawasan hutan jati menuju Pendopo Kampung Samin Karangpace. Disini Gubernur dan Bupati disambut dengan minuman khas berupa air kepala muda yang masih fresh oleh Mbah Lasiyo.

Dilanjutkan penyerahan KIS kepada warga setempat secara simbolis kepada 5 orang perwakilan. Seperti di antaranya Mbah Waini, Mbah Jami, Mbah Saminah, Pak Seno dan Mbah Suratun.

“Sebenarnya saya sudah lama ingin silahturahmi kesini lagi, bertemu Mbah Lasiyo. Nah ini mumpung pas ke Blora bertepatan dengan Hari Pahlawan maka kami sowan. Tadi kita kawal pembangunan tower untuk jaringan air bersih karena disini sering susah air ketika kemarau,” ucapnya.

Ganjar pun mengapresiasi warga sedulur Sikep yang mau mensukseskan vaksinasi Covid -19.

“Kita juga ajak warga lansia disini untuk ikut menyukseskan vaksinasi, utamanya kepada para lansia yang tadi kita bagikan kartu KIS. Alhamdulillah ternyata sudah vaksin tahap pertama, kami berharap kedepan bisa ikut lagi dosis kedua. Kita minta agar Pak Bupati dan seluruh jajarannya terus ikut mendorong vaksinasi ini. Sedulur Sikep bisa menjadi role model,” katanya.

Gubernur juga meminta masyarakat sedulur sikep Samin di Klopoduwur terus semangat mempertahankan dan melestarikan kearifan lokalnya, termasuk menjaga kelestarian hutan di sekitarnya.

Sementara itu, Mbah Lasiyo mendoakan agar kedepan Ganjar Pranowo bisa menjadi pemimpin yang sukses dan tidak lupa dengan masyarakat bawah.

“Kulo mboten saged pidato dangu-dangu, sing penting nggih maturnuwun lan dongakake supados Pak Gubernur semakin sukses anggenipun dados pemimpin lan tansah kelingan kalih warganipun. Donga dinonga, tansah sami-sami seger waras nggih Pak Gubernur,” ucap Mbah Lasiyo singkat.

Acara ditutup dengan ramah tamah sambil menikmati kuliner tradisional khas Sedulur Sikep Samin Karangpace, berupa nasi jagung dengan sayur lompong, oseng ikan asin, kerupuk dan peyek disajikan dengan pincuk daun jati.

(Ramananda)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar