FOKUS: #PPKM

Kaji Terap Industri Batik, Dekranasda Kota Pekalongan Sambut Rombongan Tulungagung

KBRN, Pekalongan : Wali Kota Pekalongan berserta Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pekalongan menyambut baik kunjungan Bupati Tulungagung bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Tulungagung dan rombongan untuk kaji terap di Kota Pekalongan, Senin (29/11/2021).

Menurut Ketua Dekranada Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya kunjungan dari Tulungagung ini luar biasa. Pasalnya mereka hadir lengkap mulai dari Bupati, Ketua Dekranasda, Wakil Sekda, Kepala OPD, IKM, dan UKM Kabupaten Tulungagung. "Semoga tujuan yang ingin didapat Kabupaten Tulungagung ke Kota Pekalongan dapat didapatkan. Harapannya kunjungan ini menjadi berkah dan manfaat untuk Kota Pekalongan dan Kabupaten Tulungagung," katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Tulungagung, Siyuk Maryoto Birowo mengaku bahwa ia dan rombongan ingin studi referensi atau kaji terap mengenai industri batik di Kota Pekalongan. Ini karena industri batik di Kota Pekalongan bukan hanya merambah di kancah nasional tapi juga mancanegara. "Di Tulungagung ada industri batik tapi tak sebagus di Kota Pekalongan. Jadi hari ini kami rombongan Dekranasda mengajak para IKM dan UKM untuk menimba ilmu di sini," terang Siyuk.

Siyuk takjub dengan jumlah produksi batik yang dipaparkan Walikota Pekalongan. Menurutnya nominalnya sangat jauh tinggi dari Tulungagung. "Ini yang menjadi motivasi kami untuk mengembangkan industri batik di Tulungagung, kalau tak bisa sama harapannya bisa mendekati Kota Pekalongan," jelasnya.

Siyuk sempat mencicipi sirup mangrove, katanya rasanya segar enak, dan yang jahe merah hangat untuk badan. Begitu pula dengan kerupuk dari telur asin, lezat. "Kalau industri pembuatan telur asin di Tulungagung banyak tetapi kalau kerupuk belum ada," pungkas Siyuk.(Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar