Generasi Z di Kabupaten Jepara Teladan Tangkal Hoaks

KBRN Semarang :  Generasi Z di Kabupaten Jepara diharapkan menjadi teladan untuk tidak menyebarkan berita hoaks atau berita bohong di masyarakat. Keberadaan mereka ini, justru menjadi penangkal agar kabar bohong tersebut tidak semakin meluas.

Hal itu terungkap dalam Dialog Interaktif Menjaring Aspirasi Masyarakat (Jaring Asmara), bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara Haizul Maarif, Kamis (19/5/2022) di Radio Kartini FM Jepara.

“Saya mengajak kepada masyarakat, khususnya generasi Z untuk menyampaikan informasi yang positif. Selain itu, tidak membuat serta menyebarluaskan berita bohong, fitnah, dan bersifat provokasi,” kata Haizul.

Disampaikan gus Haiz, lima tahun terakhir ini peningkatan informasi melalui media elektronik luar biasa. Untuk itu, menuntut masyarakat untuk lebih bijaksana saat menerima informasi.

“Ketika mendapat informasi harus dicek terlebih dulu kebenarannya. Jangan ditelan mentah – mentah. Sebenarnya, bisa kelihatan berita yang bersifat profokatif dan juga intimidatif,” katanya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan mengungkapkan, mulai Januari hingga Mei 2022, terdapat 2000 berita hoaks atau ujaran kebencian terkait pandemi Covid-19.

“Banyak sekali yang beredar. Termasuk yang memberikatan informasi bahaya vaksinasi dll. Tentu saja ini sangat bertentangan dengan apa yang dilakukan pemerintah untuk percepatan program vaksin,” kata dia.

Masyarakat harus berhati-hati menyikapi berita hoaks , bagi mereka yang menyebarkan dapat dijerat dengan Undang – Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), yang sudah diamandemen melalui Undang – Undang Nomor 19 tahun 2016.

“Pasal 45 ayat 2 ada Hukuman pidana penjara paling lama enam tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar atas penyebaran berita bohong,” katanya.

Bagaimana dengan masyarakat yang menemukan berita hoaks. Bisa dilaporkan di beberapa portal aduan milik Pemkab Jepara. Seperti halnya di twitter, instagram, juga melalui facebook Pemkab Jepara. (DiskominfoJepara/Sigit)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar