Kominfo RI Bantu Layanan Internet Tiga Desa di Magelang

SIMBOLIS- Bupati Magelang Zaenal Arifin secara simbolis menerima replika router internet sebagai penanda penyerahan bantuan layanan internet akses internet fixed broadband untuk tiga desa di Kabupaten Magelang. Foto: Dyas

KBRN, Magelang : Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memberikan bantuan layanan internet akses internet fixed broadband bagi 39 desa di enam provinsi di Indonesia di tahun 2022 ini.

“Ke-39 desa tersebut berada di enam provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Timur, “ kata Koordinator Infrastruktur Telekomunikasi Pita Lebar pada Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, Singgih Yuniawan, usai peresmian program bantuan layanan akses internet fixed broadband dari Kementerian Kominfo RI di Desa Jamus Kauman, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Kamis (30/6/2022).

Singgih mengatakan,  dari 39 desa di enam provinsi tersebut, paling banyak terdapat di Jawa Tengah yakni sebanyak 20 desa.

Menurutnya, desa-desa yang mendapatkan bantuan layanan internet tersebut, merupakan usulan dari beberapa kementerian, seperti Kementerian  Pariwisata Ekonomi Kreatif, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Kementerian Maritim dan Investasi. Selain itu, juga merupakan usulan dari masing-masing daerah.

“Untuk layanan UMKM, bantuan akses internet fixed broadband dengan kecepatan antara 10 hingga 30 megabits per secong (Mbps). Sedangkan untuk layanan fasilitas umum dengan kapasitas minimal 50 Mbps,” katanya.

Ia menambahkan, program bantuan layanan internet tersebut diberukan oleh Kominfo RI secara gratis selama enam bulan kedepan.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, hadirnya layanan internet dari Kominfo RI tersebut menjadi salah satu ‘’vitamin kehidupan’’ bagi pelaku industri UMKM di Kabupaten Magelang, setelah 2 tahun lebih dalam kondisi terpuruk akibat pandemi  Covid-19.

"Dengan adanya  program bantuan akses internet Fixed Broadband ini  bagi para UMKM di desa-desa, diharapkan bisa meningkatkan produktivitasnya, dengan memasarkannya secara digital,” katanya

Dari 20 desa yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang mendapatkan bantuan layanan internet tersebut, Kabupaten Magelang mendapat 247 titik di tiga desa. Yakni, Desa Borobudur Kecamatan Borobudur, Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, dan Desa Jamus Kauman, Kecamatan Ngluwar. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar