DKP Kendal Tebar 100 Ribu Bibit Ikan ke Sungai

KBRN, Kendal : Sebanyak 1.800 bibit ikan ditebar di sungai didepan Rumah Dinas Wakil Bupati Kendal, Senin (4/7/2022). Penebaran bibit ikan dilakukan oleh Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki dan Pj Sekda Kendal Ir Sugiono bersama sejumlah pejabat Pemkab Kendal.

 

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki berharap, bibit ikan yang ditebar bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Dengan demikian kondisi sungai akan dipenuhi ikan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun Wabup Basuki meminta, dalam pengambilan ikan di sungai harus dengan cara yang benar atau menggunakan alat yang ramah lingkungan. Jangan sekali-sekali mengambil ikan dengan cara yang salah, seperti diracun atau disetrum, karena akan merugikan, sebab ikan-ikan lainnya menjadi mati. 

"Ikan yang ada di sungai nanti, bisa dirasakan oleh lapisan masyarakat. Oleh sebab itu nanti dinas terkait akan selalu menginformasikan hal yang boleh dan tidak boleh dalam menangkap ikan," ujarnya.

 

Penebaran bibit ikan ini merupakan program kegiatan Restocking Bibit Ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal. Pada tahun 2022 ini ditebar sebanyak 102.460 ekor bibit ikan di perairan umum atau sungai di wilayah Kabupaten Kendal. Jenis ikan yang ditebar yakni ikan karper 30 ribu ekor. ikan nilem 35 ribu ekor. dan ikan tawes 37.460 ekor. 

 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal, Hudi Sambodo mengatakan, bibit ikan tersebut ditebar di 12 tempat perairan umum pada bulan Juni dan Juli 2022. Pada bulan Juni lalu bibit ikan sudah ditebar di Desa Tirtomulyo dan Mojoagung Kecamatan Plantungan, Desa Kalipakis dan Kebumen Kecamatan Sukorejo, serta tiga desa di Kecamatan Patean yakni Desa Gedong, Kalices dan Sidodadi.

 

"Sisanya ditebar pada bulan Juli ini, yakni di Desa Sriwulan Kecamatan Limbangan, Desa Bebengan Boja, Desa Tunggulsari Brangsong, Desa Cepokomulyo Gemuh dan Kelurahan Kalibuntuwetan Kendal," jelasnya.

 

Hudi Sambodo mengatakan,  kegiatan restocking bibit ikan di perairan umum atau sungai bertujuan untuk mengembalikan ekosistem sungai yang dahulu banyak dipenuhi berbagai jenis ikan. Akibat adanya kerusakan lingkungan sungai, mengakibatkan sebagian besar jenis ikan menjadi punah. "Sekarang itu hampir di perairan umum atau sungai itu jarang ada ikan, sehingga dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal melakukan restocking dengan menebar benih ikan, supaya benih ini menjadi besar dan berkembang. Kalau sudah besar bisa dinikmati dengan cara dipancing atau dengan alat tangkap yang ramah lingkungan, sehingga bisa untuk lauk atau konsumsi masyarakat," katanya. 

Dengan restocking bibit ikan akan terus berkembang biak. Ikan-ikan yang tumbuh besar bisa diambil untuk konsumsi masyarakat. Pengambilan ikan di sungai harus dengan cara yang benar dan tidak boleh dengan cara yang salah, seperti diracun atau disetrum.

 Foto :

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki bersama Pj. Sekda dan Kepala DKP Kendal tebar benih ikan di sungai 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar