Hendi Ingin Semarang Kembali Jadi Barometer Tinju Tanah Air

KBRN, Semarang : Dalam sejarah dunia tinju tanah air, banyak nama besar lahir dari Kota Semarang, sebut saja Sutan Rambing, Sonny Rambing, hingga Chris John. Namun saat ini, tongkat estafet tinju Kota Semarang seperti belum menemukan empunya. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sendiri menganggap hal tersebut sebagai  cambuk untuk kembali menjadikan ibu kota Jawa Tengah sebagai barometer tinju Indonesia.

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu pun menegaskan komitmennya terhadap peningkatan prestasi atlet tinju di wilayah yang dipimpinnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendukung kembalinya gelaran Semarang Boxing Day (SBD) 2022 yang telah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Adapun Semarang Boxing Day yang digelar di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) yang digelar beberapa waktu lalu merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Pertina (Persatuan Tinju Amatir Indonesia) Kota Semarang. Dalam kesempatan  tersebut, juga dilakukan pelantikan pengurus baru Pertina Kota Semarang periode 2022-2026.

"Selamat untuk pengurus Pertina Kota Semarang yang baru saja dilantik. PON kemarin menunjukkan data statistik bahwa Jawa Tengah untuk olah raga tinju memperoleh emas dan atlet yang memberikan kontribusi dari Pertina Solo. Maka tugas kita kali ini harus membangkitkan kembali tinju yang ada di Kota Semarang," ungkap Hendi, sapaan akrab wali kota saat membuka Semarang Boxing Day.

Hendi pun memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Pertina tersebut.

"Para atlet jika sudah berlatih terus tapi tidak ada ruang untuk menunjukkan skillnya maka lama-lama skillnya tidak bisa berkembang," imbuh Hendi.

Dirinya menyampaikan bahwa di dalam perkembangan atlet selain latihan diperlukan event turnamen supaya bisa mempertontonkan skillnya kemudian bisa menyerap apa yang sudah dipelajari oleh musuhnya. Maka menurutnya event seperti ini penting dan harus diadakan sesering mungkin.

"Maka dari itu, sering-seringlah mengadakan kegiatan seperti ini. Mudah-mudahan muncul atlet-atlet yang handal dari Kota Semarang yang mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat Internasional," ungkapnya.

Dirinya juga menceritakan jika Kota Semarang dulu pernah memiliki senior tinju yaitu Sonny Rambing yang memberikan ilmunya bahkan menghasilkan beberapa prestasi yang diberikan untuk Kota Semarang.

 "Semarang dulu pernah menjadi sarang atau gudangnya atlet berprestasi di bidang tinju dalam berbagai PON," tegas Hendi.

Dengan melihat situasi sejarah tinju seperti ini, Pertina Kota Semarang punya tanggung jawab yang besar dalam mengembalikan kejayaan atlet-atlet tinju dari Kota Semarang. 

"Maka ini menjadi sebuah potensi dan peluang untuk bisa membangkitkan lagi tinju," lanjutnya.

Hendi berharap mudah-mudahan Kota Semarang bisa memberikan kontribusi yang luar biasa untuk kemajuan dunia tinju di Jawa Tengah maupun di tingkat Nasional maupun Internasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar