Kebakaran Pasar Sedo Demak, Kerugian Ditaksir Rp 750 Juta

48 kios pedagang Pasar Sedo Demak terbakar

KBRN, Demak : Peristiwa kebakaran hebat Pasar Sedo, Kecamatan Demak, menghanguskan sedikitnya 48 kios pedagang. 

Penyebab kebakaran ini diduga korsleting listrik salah satu kios pedagang di area belakang.  Api cepat membesar dan menjalar ke puluhan kios lainnya. 

Camat Demak Kota H Muhammad Syahri mengatakan, telah menghitung jumlah kerugian kebakaran. Kerugian ditaksir dari kerusakan material asbes, galvalum dan rangka hollo. 

"Jumlah kerugian kebakaran Rp 750 juta. Ada 48 kios pedagang ludes terbakar," ucap Syahri dihubungi RRI, Jumat (19/8/2022). 

Syahri menuturkan, kebakaran Pasar Sedo terjadi, Selasa (16/8/2022) malam. Peristiwa kebakaran tersebut menyebabkan warga yang sedang menggelar malam tirakatan 17 Agustus panik. 

Puluhan kali ledakan dari kios petasan terdengar. Pedagang yang masih berjualan berusaha menyelamatkan barang-barang dagangan. 

"Api pertama kali dilihat seorang penjual martabak sekitar pukul 20.00 WIB. Dugaan awal, api dari korsleting listrik kios pedagang plastik," ungkapnya. 

Nantinya, kata Syahri, korban kebakaran akan di relokasi ke lapak darurat. Pemerintah Kecamatan Demak Kota dan Desa Sedo baru berkoordinasi menyiapkan budget anggaran dan lokasi. 

Lurah, BPD, dan Pengelola Pasar akan menyelenggarakan rapat bersama. 

"Saat ini, puing bekas bangunan terbakar masih di bersihkan pedagang. Nanti, akan di rembug dulu lewat Forum Pedagang Pasar.  Mereka sudah minta di buatkan lokasi jualan baru," katanya. 

Rencanannya, lapak sementara akan di bangun di lokasi parkir pasar. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar