Dody Harapkan ABTI Jateng Terus Cetak Atlet Nasional

KBRN, Semarang : Pengprov Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Jawa Tengah diminta untuk menjaga tradisi mencetak pemain nasional. Pasalnya, pembinaan olahraga bola tangan di Jateng begitu dinamis dan penyumbang atlet nasional terbanyak selain Jawa Barat dan Kalimantan Timur.

Harapan itu disampaikan Ketua Umum PB ABTI Mayjen TNI (purn) Dody Usodo Hargosuseno usai melantik Pengprov ABTI Jateng masa bakti 2021-2025 yang diketuai Joko Pranawa Adi di Hotel Noormans, Semarang, Minggu (23/1/2022). Acara pelantikan dihadiri juga Sekjen PB ABTI Mayjen TNI (purn) Gadang Pambudi, serta Kasi Kemitraan dan Pembinaan Kelembagaan Olahraga Disporapar Jateng Adelio Anjos.

''Saya bangga terhadap Jateng, bukan karena saya orang Brayo Kertosari (Kabupaten Kendal), tapi progres pembinaan olahraga bola tangan di sini luar biasa. Dari 35 kabupaten/kota, Jateng punya pengurus di 26 daerah. Ini membuktikan semangat mengembangkan bola tangan sangat tinggi. Pertahankan potensi ini,'' tandas Dody.

Pada kesempatan itu, Dody  juga kembali menyatakan apresiasi pada ABTI Jateng. Diakui dia,  pada momentum PON XX Papua tahun lalu, sebenarnya turut menjagokan Jateng sebagai tim yang difavoritkan merebut emas. Namun pada kenyataanya, justru putra DKI Jakarta dan putri Kalimantan Timur yang meraih gelar.

''Semoga PON menjadi pembelajaran bagi Jateng untuk lebih getol lagi melakukan pembinaan, dan merangkul stakeholder agar pembinaan terus berjalan. Harus diakui, bola tangan memang cabang yang kurang bisa mendatangkan sponsor. Ini menjadi tantangan kita bersama,'' tambahnya.

Dody juga mendukung langkah Ketua Umum ABTI Jateng yang memasukkan wanita dan kaum milenial di kepengurusan. Sebagai organisasi, memang sangat diperlukan peduli pada kesetaraan gender dan kesiapan SDM muda untuk menghadapi tantangan zaman.

''Ke depan, kami akan mengundang tim Jateng untuk mengikuti invitasi bola tangan tiga provinsi bersama DKI Jakarta dan Jabar,'' tambahnya. Sementara itu, Pengprov ABTI Jateng Joko Pranawa Adi menyatakan kesiapannya untuk membawa bola tangan ke arah kemajuan prestasi. Langkah-langkah yang akan ditempuh, diantaranya intensitas kejuaraan, penguatan SDM pelatih dan wasit pertandingan.

''Kami juga siap mengembangkan nomor bola tangan lain yaitu beach handball atau bola tangan pantai,'' kata Joko. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar