238 Atlet Ikuti Test Event Pesonas

KBRN, Semarang : Ratusan atlet bertalenta khusus Special Olympic Indonesia (SOIna) Jawa Tengah berkumpul di Kota Semarang, dalam mengikuti Test Event Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas). Para difabel intelektual tersebut nampak bergembira dan antusias mengikuti acara yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada tanggal 20-23 Mei 2022 yang dipusatkan di aula Badan Pengembangan SDM Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, Jalan Setiabudi No.201A, Banyumanik, Semarang.

Ketua Panitia Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas), Ony Suharsono menuturkan bahwa kegiatan Test Event tersebut, merupakan simulasi kesiapan Panitia dalam penyelenggaraan PeSONas, sekaligus sebagai penyiapan atlet-atlet SOINA Provinsi Jawa Tengah yang akan mengikuti acara PeSONAS, yang akan berlangsung tanggal 3 sampai 8 Juli 2022.

Menurut dia, Test Event diikuti oleh 238 atlet, dengan mempertandingkan 8(delapan) cabang olahrga yaitu: Tenis Meja, Bulutangkis, Futsal, Dance Sport (Tari Daerah), Senam Ritmik, Renang dan Atletik. Disamping itu juga diselenggarakan Program Inisiatif Non Kompetisi berupa Healthy Atlet dan seminar yang meliputi: MATP, Atlet Leadership Program (ALPs) dan Seminar Keluarga SOINA. Apresiasi bagi Atlet Bertalenta Khusus.

Atlet SOINA bukan mengutamakan kemenangan, namun lebih untuk memberikan kesempatan bagi anak bertalenta khusus agar berani mencoba dan tampil sertamerasakan kebahagiaan, sebagaimana anak normal lainnya.

Dijelaskannya, pada PeSONas tahun 2022, mengusung tema “Akulah Bintang” yang mencerminkan apresiasi kepada atlet SOIna yang bertalenta khusus. Keterbatasan yang mereka miliki, tidak menghalangi mereka untuk berprestasi.

Dikatakan pula, untuk acara PeSONas yang akan digelar pada bulan Juli 2022 sudah terdapat lebih dari 1.790 peserta dari 34 Provinsi se-Indonesia yang mendaftar. “Dengan Jawa Tengah sebagai tuan rumah, kami ingin menunjukkan “Jateng Gayeng”, yaitu kita bersama-sama ingin menghadirkan Jawa Tengah yang aman, nyaman, gembira, guyub rukun. Bagi anak bertalenta khusus atlet SOINA dari seluruh Indonesia, acara PESONAS harus menjadi ajang kegembiraan dan unjuk prestasi” tegasnya.

Menurut Ony, pada PeSONas nanti akan lahir atlet SOIna yangmewakili Indonesia pada event Special Olympics World Summer Games pada Agustus 2023, di Berlin Jerman. (Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar