FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Enam Ribu Pedagang di 11 Pasar Kota Pekalongan Telah Tervaksin

KBRN, Pekalongan : Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan mencatat sebanyak enam ribu pedagang di 11 pasar tradisional di Kota Pekalongan telah mengikuti vaksinasi Covid-19.

Kepala Bidang Pasar dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima Dindagkop-UKM, Deddy Setyawan SE mengatakan, vaksinasi ada yang difasilitasi institusinya serta terdapat pula ikut vaksinasi mandiri.

"Melalui Dindakop UKM sebanyak seribu orang, sedangkan yang lima ribu pedagang vaksin secara mandiri melalui faskes di kelurahan ya masing -masing, kecuali di Pasar Besi Panjang. Karena jumlah pedagangnya yang sedikit akhirnya mereka melakukan vaksinasi mandiri," katanya.

Deddy menyebutkan, terakhir vaksinasi Covid-19 dosis pertama dilakukan di pasar darurat Sorogenen. Pedagang yang mengikuti vaksinasi di lokasi tersebut dari Pasar Sorogenen, Poncol, Patiunus, dan Banyurip.

"Pada pelaksanaan vaksinasi tersebut memang dari jumlah kuota yang disiapkan rata-rata tercapai 50 persen karena para pedagang kebanyakan sudah melakukan vaksinasi mandiri yang digelar di kelurahan-kelurahan," terangnya.

Deddy menyebutkan jumlah keseluruhan sejak pelaksanaan vaksinasi pada Februari 2021 hingga Oktober 2021 dari 6 ribuan pedagang pasar yang ada setidaknya seribuan pedagang telah divaksin melalui vaksinasi yang digelar Dindagkop-UKM bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat.

"Sementara ribuan lainnya memang sudah mengikuti vaksin mandiri di kelurahan masing-masing," tandasnya. Salah seorang pedagang di Pasar Grogolan, Kusnaini hampir seluruh pedagang dipasar tersebut sudah divaksin, kecuali beberapa pedagang yang memiliki penyakit bawaan, seperti diabetes atau hipertensi.

"Semua pedagang sudah divaksin, terakhir tiga minggu kemaren saat ada program vaksin masal di pasar ini," terangnya. (Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00