Targetkan Capaian 50 Persen, Pemkab Pati Gelar Vaksinasi Massal

KBRN, Pati : Pemkab Pati melalui Dinas Kesehatan melakukan percepatan vaksinasi untuk mencapai minimal 50 persen dari total sasaran target 1,052 juta jiwa. Capaian vaksinasi sampai sekarang baru 41,53 persen, sehingga status Kabupaten Pati masuk kategori PPKM Level III. Padahal, temuan kasus terkonfirmasi Covid-19 telah jauh menurun.

Upaya percepatan pencapaian vaksinasi tersebut diawali di halaman Stadion Joyokusumo dengan 1.500 sasaran, dan melibatkan delapan vaksinator, pada Sabtu dan Minggu (23 dan 24/101/2021). Selanjutnya di Alun-Alun Tayu pada Selasa (26/10/2021), Bundaran PG Trangkil Kamis (28/10/2021) dan pada Sabtu pekan depan (30/10/2021) di Lapangan Desa Kayen Kecamatan Kayen,

“Ini adalah salah satu kegiatan untuk mempercepat vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Pati. Untuk hari ini sesuai dengan data Sabtu pagi, sudah memvaksin sekitar 437ribu lebih warga,” demikian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati dr Aviani Tritanti Venusia.

Menurutnya, memang percepatan vaksinasi ini yang harus diupayakan untuk mencapai minimal separuh sasaran yang ada di Kabupaten Pati agar bisa turun level PPKM. Selain di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Pati, Pemkab Pati melalui Dinas Kesehatan melakukan percepatan vaksinasi di tempat-tempat yang mudah dijangkau masyarakat dengan jumlah sasaran yang lebih banyak.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto menegaskan, saat ini tidak perlu mempersoalkan jenis vaksin yang telah disuplai pemerintah. Vaksin Sinovac, moderna, astrazeneca, atau pfizer semuanya halal dan aman untuuk warga masyarakat. Karena penyuntikan vaksin melalui pemeriksaan kesehatan.

Hingga kini, Haryanto mengaku belum pernah menerima laporan adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). “Karena apa?. Sebelum divaksin calon penerima vaksin ditanya soal kondisi kesehatannya termasuk penyakit penyerta lainnya. Oleh karena itu aman. Jadi tidak tiba-tiba orang datang langsung disuntik tidak, tapi kita adakan secreening lebih dulu,” jelasnya.

Dia menambahkan, vaksinasi masal yang terpusat dengan sasaran vakinasi yang lebih banyak, untuk mempercepat cakupan warga yang sudah tervaksin, agar level PPKM di Kabupaten Pati cepat turun, sehingga aktifitas masyarakat akan lebih longgar. (Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00