Genjot Vaksinasi, Blora Targetkan Level 1

KBRN, Blora : Pemerintah Kabupaten Blora terus menggenjot capaian vaksinasi bagi masyarakat dan lansia. Bupati Blora Arief Rohman menargetkan agar di akhir Bulan November 2021, Kabupaten Blora dapat turun level.

“Kami menargetkan untuk di akhir November ini ada kenaikan (capaian vaksinasi), agar kita bisa segera level satu nantinya” kata Arief, Selasa (23/11/2021).

Bupati memaparkan, apabila dalam satu hari setiap desa yang ada di Blora mampu menyuntik hingga 100 sasaran, maka akan ada kenaikan yang signifikan.

“Saya hitung kalau sampai 30 November nanti, sehari bisa 100 suntikan per desa dikalikan dengan 295 desa/kelurahan, berarti akan bertambah  sekitar 33 persen,” paparnya.

“Jadi 60 persen saat ini, ditambah 33 persen nanti akhir November kita sudah di angka 90an persen, kalau kita di angka 90 persen capaian nanti kita bisa turun ke level 1,” tambahnya.

Selain itu,Bupati juga juga meminta agar capaian vaksinasi bagi lansia bisa untuk ditingkatkan.

“Vaksin lansia diutamakan nanti ketika keliling door to door-nya itu lansia, itu kalau masih ada cadangan beras kalau perlu yang lansia kita beri untuk mendorong mereka agar mau divaksin,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edy Widayat mengatakan  percepatan vaksinasi perlu untuk terus didorong. 

Mengingat capaian vaksinasi menjadi salah satu pertimbangan penting dalam penentuan level daerah.

“Kalau vaksinasi dosis satu untuk ke level 2 harus minimal 60 persen, kita sudah 60,86, di lansia minimal adalah 40 persen untuk turun di level 2 ,kita tinggal 0,4 inshaallah 2 hari ini selesai kalau 0,4 sekitar 425 sasaran,” papar Edi.

Edi menegaskan, cakupan vaksinasi bagi lansia di Kabupaten Blora perlu untuk menjadi perhatian bila dibandingkan daerah lainnya di Jawa Tengah.

“Lansia jumlah cakupan lansia kita ada di nomor 4 dari belakang walaupun sudah 39,35 persen, yang lain sudah melaju. Kita minggu kemarin ada diposisi nomor 9 dibawah, sekarang nomor 4 dari bawah,” terangnya.

Dikatakannya, saat ini Pemkab akan mengejar cakupan vaksinasi bagi lansia. Edi menambahkan bahwa untuk mencapai capaian vaksinasi lansia di angka 60 persen, dibutuhkan sekitar 20 ribu sasaran. 

Pihaknya juga akan terus mendorong agar capaian vaksinasi hingga akhir November ini dapat memenuhi target, termasuk bagi lansia. 

(Ramananda) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar