Sosialisasi ke Sopir Truk, Tertib Berlalu Lintas dan Patuh Prokes

KBRN, Grobogan : Para sopir yang sedang memarkirkan kendaraannya di pangkalan truk Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, tiba – tiba kaget saat melihat kedatangan para personel dari Satlantas Polres Grobogan, Kamis (25/11/2021). Para sopir ini berpikir bahwa rombongan polisi tersebut akan melakukan razia di sekitar pangkalan truk tersebut.

Namun, setelah didekati Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Sri Martini beserta Kanit Turjawali Iptu Duddy Lukman Prabowo, barulah para sopir ini paham. Rupanya, para personel dari Satlantas Polres Grobogan ini akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait Operasi Zebra Candi 2021 yang masih berlangsung hingga tanggal 28 November 2021 nanti.

"Saya pikir ada razia pagi - pagi. Ternyata ada sosialisasi. Tapi aman kok, saya masih punya SIM yang masih berlaku. STNK juga masih panjang (masa berlakunya)," ujar salah satu sopir truk.

Sri Martini memberikan sosialisasi kepada para sopir agar tetap mentaati protokol kesehatan saat mengemudikan kendaraannya atau pada saat beristirahat di pangkalan truk. Salah satu contoh yang perlu dilakukan para sopir untuk mentaati protokol kesehatan yakni penggunaan masker.

Menurut dia, para pengemudi truk tidak boleh abai untuk memakai masker sebab Covid-19 saat ini belum selesai.

“Kami imbau kepada para pengemudi truk yang ada di sini agar tetap mengutamakan protokol kesehatan. Jangan sampai abai. Pergunakan masker tetap menjadi yang utama, sebab saat ini Covid-19 belum selesai,” ujar Martini saat memberikan arahan kepada para pengemudi.

Meski demikian, dalam arahan tersebut terlihat para sopir sudah membiasakan diri untuk menggunakan masker. Mereka mendengarkan semua arahan tersebut.

Martini juga mengingatkan kepada para pengemudi untuk berhati – hati saat mengemudikan kendaraannya. Apalagi di musim hujan ini, banyak jalur yang licin sehingga pengemudi harus konsentrasi saat mengemudikan laju kendaraannya.

Pihaknya menegaskan, kontur jalannya sempit, terutama di jalur perbatasan barat hingga timur. Kemudian, jalur naik turun dan tikungan tajam yang terdapat di wilayah utara dan selatan Kabupaten Grobogan.

“Sehingga kami meminta kepada para pengemudi agar mengendarai kendaraannya dengan penuh konsentrasi saat cuaca hujan lebat. Jangan ugal-ugalan saat mengendarai kendaraannya,” katanya saat dikonfirmasi Media Purwodadi.

“Jika mereka lelah, langkah yang tepat adalah beristirahat di tempat yang sudah disediakan seperti di pangkalan truk ini supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan di tengah jalan,” tambahnya.

Usai pelaksanaan sosialisasi, pihaknya bersama jajarannya melakukan kegiatan sosial dengan membagikan paket nasi boks untuk para sopir di pangkalan truk tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar