769 Mahasiswa IAIN Kudus Di Wisuda

KBRN, Kudus : Sebanyak 769 mahasiswa IAIN Kudus diwisuda, Sabtu (30/10/2021). Mereka terdiri atas mahasiswa Program S1 645 orang dan Program Pascasarjana (S2) 34 orang. Ini wisuda S1 ke-30 dan S2 ke-12.

Para wisudawan/wisudawati ini berasal dari lima fakultas dan pascasarjana yaitu Tarbiyah, Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, Ushuluddin serta Dakwah dan Komunikasi Islam. Kemudian, dari Pascasarjana IAIN Kudus.

Menurut Rektor IAIN Kudus, Mundakir, pada tahun ini mahasiswanya berjumlah 14.223 orang yang terdiri atas 13.923 mahasiswa S1 dan 300 mahasiswa S2 yang tersebar di lima Fakultas dan Pascasarjana.

Untuk menuju transformasi menjadi UIN, hingga saat ini telah memiliki tanah seluas 10 hektare dengan luas bangunan 3,8 hektare dengan gedung sebanyak 45 gedung serta 124 Ruang Perkuliahan.

Untuk diterima menjadi mahasiswa IAIN Kudus kata Mundakir, saat ini harus dapat berkompetisi dengan raiso perbadingan 1 berbanding 4 calon mahasiswa baru. Sekarang mahasiswa baru pada tahun 2021 berjumlah 2.454 dari 9.450 pendaftar.

Dalam meningkatkan kompetensi akademik, IAIN Kudus telah bekerjasama baik di dalam negeri maupun luar negeri. Untuk luar negeri IAIN Kudus bekerja sama dengan International Islamic University College Selangor Malaysia, International Islamic University Malaysia (ILUM) Malaysia, Mindanao State University Filipina, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, Universiti Sains Islam Malaysia, Duta Besar RI untuk Kerajaan Maroko dan Republik Islam Mauritania.

Untuk dalam negeri, IAIN Kudus bekerja sama dengan lembaga RA, MTs, MA, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Agama, KUA, BMT, Bank Syariah, Lembaga Pemasyarakatan, Pers, Radio, Televisi, Pondok Pesantren, dan lembaga lainnya.

“Dengan nilia-nilai luhur, kepeloporan dan darma bhakti saudara, maka kita akan ikut membangun bangsa dan negara yang berdaya saing di pasar global dengan menjadi wirausahawan, profesional, maupun birokrat muda yang handal,” kata dia.

Mundakir juga berharap agar setelah selesai wisuda ini para wisudawan/wisudawati senantiasa menggunakan kemampuan yang dimiliki.

Kunci sukses adalah bukan semata karena kuliah di tempat favorit, bukan pula karena saudara lulusan cumlaude atau terbaik, akan tetapi juga harus memiliki life skill, kejujuran, kepercayaan, dan karakter yang kuat sebagai generasi millineal berkarakter diharapkan mampu memanfaatkan peluang dan akses pekerjaan baru yang tidak dikenal sebelumnya dengan berbagai teknologi digital, inilah wujud nyata dari visi menjadi perguruan tinggi Islam unggul di bidang pengembangan ilmu Islam terapan.

“Saya selaku Rektor dan segenap civitas akademika seluruh keluarga besar IAIN Kudus mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studi pembelajaran di IAIN Kudus,” tutupnya. (Roy Kusuma)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar