KPP Pratama Batang Edukasi Perpajakan Sejak Dini

KBRN, Batang : Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batang makin intensif mengedukasi para pelajar agar mengenal dunia perpajakan sejak dini, sehingga memahami kemanfaatannya bagi pembangunan daerah.

Pengenalan serba - serbi dunia pajak dilakukan oleh KPP Pratama, hampir di seluruh jenjang pendidikan, mulai tingkat Taman Kanak-kanak, SD hingga SMA, yang disesuaikan dengan usianya.

Kepala Seksi Pelayanan, KPP Pratama Batang, Agus Purwanto mengatakan, pengenalan kepada pelajar ini merupakan bentuk upaya untuk menepis pandangan-pandangan negatif tentang pajak.

“Selama tiga tahun ini, kami mulai mengubah pola pikir negatif itu, dengan mengenalkan manfaatnya. Sehingga anak-anak memahami betapa pentingnya pajak untuk pembangunan infrastruktur dan lainnya di suatu daerah,” terangnya, usai membuka kegiatan Tax Goes to School, di Ruang Serbaguna, SMPN 3 Kabupaten Batang, Jumat (19/11/2021).

Program lainnya yang gencar disosialisasikan adalah Pajak Bertutur, di SMAN 1 Subah.

“Temanya sama, cuma lebih memperdalam gambaran pada pengetahuan perpajakannya,” terangnya.

Ia mengharapkan, agar anak-anak didik mulai memahami karena penyampaiannya pun dibalut dengan beragam permainan menarik.

“Semoga anak-anak mengerti tentang fungsi pajak seperti apa dan disampaikan kembali ke sesama teman sekolah dan orang tua, agar sama-sama memahami,” harapnya.

Kepala SMPN 3 Batang, Bambang Purwantyono mengatakan, sosialisasi dari KPP Pratama ini bermanfaat bagi masa depan anak didik, meskipun saat ini pengetahuan mereka masih awam tentang perpajakan.

“Insyaallah dari hasil sosialisasi ini, anak-anak mulai paham tentang pajak secara dini. Dan karena pesertanya mayoritas dari anggota OSIS, ya semoga bisa menularkan ilmu pengetahuan yang didapat kepada teman-temannya,” imbaunya.

Ia mengharapkan, pengetahuan dasar perpajakan ini akan menyadarkan anak didik, untuk membayar pajak ketika dewasa nanti.

“Pengetahuan pajak yang didapat sedini ini, akan membuat mereka sadar pajak. Sehingga bisa berkontribusi yang terbaik untuk negara ini,” harapnya.

Ia menambahkan, pelajaran yang didapat dari KPP Pratama ini bisa menambah wawasan anak didik, tidak hanya teori saja.

“Mereka dikenalkan tentang pajak yang harus dibayarkan untuk kemajuan negara dan yang jelas akan dikembalikan kepada rakyat,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar