Pesta Siaga Kwarcab Kendal Digelar Sesuai Protokol Kesehatan

KBRN, Kendal : Kabupaten Kendal masuk dalam  PPKM level dua. Beberapa kegiatan  diluar sudah diperbolehkan, namun dengan pembatasan dan  menerapkan  protokol kesehatan secara ketat.  Seperti  kegiatan  Pesta Siaga pramuka pelajar usia Sekolah Dasar yang dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19.

Setelah vakum hampir dua tahun selama  pandemi Covid-19, kegiatan Pesta Siaga Kwarcab Kendal untuk pelajar usia 7 sampai 11 tahun,  kembali digelar di tengah pandemi Covid-19. Namun dengan pembatasan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pesta Siaga yang digelar di lingkungan SMP Negeri  2 Boja Kendal  dibuka Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, Sabtu (20/11/2021).

Ketua Penyelenggara, Mujiyono mengatakan, Pesta Siaga Kwarcab Kendal 2021 dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. Kali ini hanya diikuti 240 peserta atau 50 persen dari kapasitas peserta pada umumnya.  Setiap Kwartir  Ranting  (Kwaran) tingkat kecamatan hanya diperkenankan mengirim 12 peserta yang  terdiri dari dua barung yang diisi enam  peserta putra dan enam  peserta putri. "Kami juga melibatkan diri Satgas Covid desa dan Satgas Covid kecamatan, juga melibatkan dari Saka Husada dan Tim Puskesmas Kecamatan Boja untuk mengawal kegiatan ini," jelasnya.

Pelaksanaan Pesta Siaga kali ini hanya berlangsung sekitar 4 jam, diawali persiapan dan apel siaga hingga adu keterampilan tiap barung. Uniknya, perlombaan tahun ini dilakukan di pos masing-masing. Tim penilai yang mendatangi  setiap pos peserta, karena  untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Di sisi lain, WS Basuki menyampaikan, kegiatan ini menjadi wadah untuk meningkatkan prestasi anak. Ia bersyukur dengan menurunnya pandemi Covid-19 ini  menjadi angin segar anak-anak bisa berkompetisi langsung di lapangan. Wabup mengingatkan kepada seluruh panitia dan pendamping anak untuk menjaga protokol kesehatan agar tidak ada cluster baru penyebaran Covid-19 dari  Pesta Siaga. "Manakala dari kakak-kakak pembina ini tidak merasa capai dan selalu melaksanakan kegiatan ini, Insyaallah generasi muda Kendal ke depan akan menjadi lebih baik daripada hari ini," ujarnya.

Kegiatan kepramukaan ini akan menumbuhkan semangat kreatifitas dan inovasi  siswa. Juga sebagai wadah  belajar bersama dengan mengukur sejauh mana keterampilan yang dimiliki anak, sekaligus sarana melatih kemandirian.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar