Guru Perlu Ciptakan Pembelajaran Efektif, Efisien, dan Menyenangkan

KBRN, Batang : Bupati Batang Wihaji berharap kepada para guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien, sederhana, dan menyenangkan untuk membentuk karakter peserta didik yang bernilai dan memiliki pengetahuan luas.

Hal ini diungkapkan Wihaji dalam Webinar Platform Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Modern Guru (Sahabat Guru) oleh Asosisasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Ruang Command Center, Kabupaten Batang, Senin (29/11/2021).

“Zaman sudah berubah, mau tidak mau kita dipaksa untuk mengetahui dan memahami tentang dunia digital, termasuk dalam dunia pendidikan,” jelasnya.

Ia menambahkan, intinya transformasi digital harus mampu menjawab persoalan yang ada, ciptakan platform digital yang efektif, efisien, sederhana dan menyenangkan, agar peserta didik lebih mudah memahami ilmu yang diajarkan.

“Harapan saya, itu menjadi tanggung jawab kita semua, tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memberikan nilai dari ilmu yang diberikan,” harapnya.

Ia juga menerangkan, untuk penerapan pembelajaran digital di Kabupaten Batang masih terus dilakukan secara bertahap.

“Contohnya kemarin kita pernah menggelar Lomba Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran yang tujuannya untuk mengetahui cara belajar yang menyenangkan bagi peserta didik,” terangnya.

Sementara, Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan APKASI Zahir mengatakan, webinar ini bertujuan untuk mewujudkan guru yang cakap bermedia digital, cakap numerasi, dan berkarakter dalam menghadapi tantangan global.

“APKASI sebagai organisasi pemerintah kabupaten se-Indonesia telah menjadi lembaga yang diperhitungkan salah satunya di bidang pendidikan, karena salah satu tujuannya yaitu memperjuangkan aspirasi daerah,” ungkapnya.

Ia berharap, semoga platform Sahabat Guru dapat memudahkan tenaga pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

“Transformasi digital harus dilakukan dalam proses belajar mengajar. Hal inilah yang menjadi tantangan kita ke depan terutama di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang,” ujar dia.

Tentu nantinya, lanjut dia, kita berharap para guru di Kabupaten Batang bisa menggunakan aplikasi ini untuk menjadi bahan pembelajaran dan memudahkan untuk mencari literatur yang dibutuhkan. (MC Batang, Jateng/Ardhy)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar